Di mana pun kita berada, selama kita masih menginjakkan kaki di planet bumi, maka kita akan selalu mendapatkan sinar matahari. Tidak peduli apakah hari sedang berawan, sedang turun hujan, atau apa pun, kita tetap menerima sinar matahari. Setiap pagi, kita akan selalu melihat matahari terbit dan menyinari bumi. 

Tapi, apakah kamu benar-benar paham apa manfaat sinar matahari selain menyinari kegiatan kita? 

Berikut fakta menarik yang bisa terjadi pada tubuh jika kita tidak pernah terkena sinar matahari: 

  1. Kesehatan jantung akan berisiko

Ketika tidak ada sinar matahari, itu berarti tubuh kita tidak akan mampu memproduksi vitamin D. Tahukah kamu? Vitamin D berperan penting dalam melindungi kita dari penyakit jantung. Selain itu, sinar ultraviolet juga dapat mengatur tekanan darah. Jadi tanpa sinar matahari, kita akan rentan terhadap masalah kardiovaskular.

  1. Kesuburan berkurang, akan sulit memiliki keturunan 

Tanpa sinar matahari, akan ada lebih banyak melatonin dalam tubuh wanita. Melantonin adalah hormon yang menekan kesuburan, sehingga ketika memiliki melatonin berlebih, hal itu akan mengurangi peluang wanita untuk hamil. Selain itu, wanita yang kurang terpapar sinar matahari bisa mengalami menopause lebih awal. 

Tak hanya wanita, kadar testosteron pada pria juga bisa terpengaruh jika kurang mendapat sinar matahari

  1. Saraf bisa terganggu

Penelitian meyakini bahwa jika anak-anak tidak mendapatkan cukup sinar matahari saat masih bayi, maka saat dewasa nanti mereka akan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena multiple sclerosis, yaitu penyakit sistem saraf pusat.

  1. Rasa sakit dan nyeri

Tanpa sinar matahari, kamu akan merasakan lebih banyak rasa sakit dan nyeri di seluruh tubuh. Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari membantu menghangatkan otot-otot tubuh dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti radang sendi, misalnya.

  1. Kekurangan emosi positif

Tanpa Matahari, serotonin atau hormon kebahagiaan dalam tubuh kamu akan berkurang. Akibatnya, kamu akan merasa gloomy sepanjang hari, hanya ada emosi negatif yang menyelimuti kamu. Meskipun masih ada cara lain untuk membuat kamu lebih bahagia, tapi sinar matahari adalah solusi paling mudah dan paling alami untuk meningkatkan mood kamu. Apalagi, jika sinar matahari dikombinasikan dengan olahraga fisik. 

  1. Imunitas kamu berkurang

Lebih sedikit sinar matahari berarti lebih sedikit sel darah putih. Nah, semakin sedikit sel darah putih yang kamu miliki, maka akan semakin sulit bagi kamu untuk melawan infeksi, virus, dan hal lain yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan risiko gigi berlubang

Tahukah kamu? Bahkan gigi kita akan menderita tanpa matahari. Penelitian menunjukkan, orang yang kurang mendapat sinar matahari memiliki risiko masalah gigi yang lebih besar. Umumnya, mereka mengalami masalah seperti gigi berlubang.

  1. Depresi

Tanpa sinar matahari, kita akan terjebak dalam seasonal affective disorder atau yang kerap disebut sebagai winter blues. Ini adalah bentuk depresi yang secara khusus disebabkan oleh kurangnya sinar matahari, terutama pada musim dingin. Meskipun mungkin ada cahaya bulan, cahaya lampu, dan cahaya lainnya, semua itu tidak akan mampu menggantikan sinar matahari alami.

Kita tahu bahwa sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tapi, hal yang perlu diingat adalah mengontrol paparan sinar matahari. Usahakan untuk tidak terlalu banyak terkena sinar matahari, karena sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit terbakar dan menyebabkan penyakit kulit. Segala hal akan baik jika dimanfaatkan dalam jumlah yang secukupnya. 

Baca Juga :

Trik Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari Saat Musim Kemarau

Terbakar Sinar Matahari adalah Masalah yang Membuat Sering Gak PD. Makanya, Atasi dengan Cara Alami Ini

Natural Remedies untuk Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan