Nyamuk bukan hanya menganggu karena suaranya dan gigitannya yang bisa menyebabkan bentol-bentol yang gatal. Meskipun hewan ini sangat kecil mungil, tetapi gigitannya bisa sakit dan bahkan mengakibatkan penyakit yang berbahaya: seperti demam berdarah, malaria, dan Zika. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara-cara untuk mengusir nyamuk yang sangat ampuh.

Menanam Tumbuhan Herbal

Nyamuk terkenal tidak suka bau-bauan yang kuat, jadi manfaatkanlah hal ini. Tanamlah tumbuhan dengan bau yang kuat, seperti kemangi, mint, rosemary, dan  bahkan bawang putih karena tumbuhan tersebut bisa membantu rumahmu agar terhindar dari serangan nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga bisa bermanfaat bagi kamu.

Pasang Jala Nyamuk

Jala atau jaring nyamuk adalah cara klasik untuk menjauhkan nyamuk dari rumah dan kamarmu. Ini digunakan di seluruh dunia karena keefektidannya. Selain itu, ini juga bisa menambahkan ambiens romantik pada ruanganmu. Pasanglah jaring nyamuk dai atas tempat tidurmu untuk mengusir nyamuk jauh-jauh dari tubuhmu ketika kamu tidur.

Tanam Lavender

Salah satu hal yang paling dibenci nyamuk adalah lavender. Karena itulah, kamu biasa menemukan lavender pada kandungan berbagai losion pengusir nyamuk. Lavender adalah tanaman yang sangat wangi, cantik, dan juga mudah sekali untuk ditanam. Kamu bisa menanam lavender pada kotak di jendela untuk mencegah nyamuk mendekati kamar, dapur, atau area-area lain rumahmu. Kamu bisa meletakkan pot-pot berisi tanaman lavender di seluruh bagian teras dan halamanmu untuk mencegah nyamuk bernyaman-nyaman di kebunmu. Tetapi, pastikan bahwa lavender yang kamu tanam mendapatkan banyak sinar matahari agar tumbuh dengan subur!

Cegah Genangan Air

Salah satu cara terbaik yang mungkin sering tidak kamu sadari dalam mengundang nyamuk ke rumahmu adalah membiarkan adanya genangan air di kebun atau area lain rumahmu.  Seringkali, kamu lupa bahwa baskom atau barang lainnya bisa menampung air hujan dan menggenanginya untuk waktu yang lama. Padahal, inilah tempat nyamuk berkembang biak. Karena itulah, untuk mengusir nyamuk dari kehidupanmu, buang pula semua wadah kosong dari kebun dan halamanmu yang bisa menjadi wadah hujan. Jauhi pula memasang benda-benda dekoratif seperti tempat mandi burung.

Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial atau essential oil memiliki banyak sekali penggunaan. Ternyata, salah satunya adalah mengusir nyamuk. Minal-minyakan seperti lemon, eukaliptus, geranium, lavender, catnip dan kayu sedar memiliki bau-bauan yang bukan hanya sangat enak dicium, tetapi juga bisa mengusir nyamuk. Oleskan minyak-minyak ini ke kulitmu untuk menjadi lotion pengusir nyamuk alamiah.

Undang Kelelawar

Kelelawar mungkin mendapatkan reputasi buruk selama ini. Memang, beberapa orang mungkin takut dengan bentuk kelelawar. Tetapi, hewan ini sebenarnya sangatlah berguna bagi manusia. Salah satu makanan favorit kelelawar adalah nyamuk dan serangga lain yang mengganggu. Jadi, kalau mau mengusir nyamuk, gunakan trik buat mengundang mamalia terbanf ini. Tanam dahlia dan marigold serta berbagai tanaman lain yang disukai serangga malam. Dengan ini, kelelawar akan mendatangi rumahmu dan juga memangsa nyamuk-nyamuk yang mengganggu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan HP Sebagai Alarm

Hadirnya berbagai fitur pada handphone, terutama smartphone yang