Kata siapa kamu harus selalu membuat perubahan diet drastis kalau ingin berat badanmu cepat turun? Faktanya sih, program penurunan berat badan tak harus selalu super rumit. Kamu bisa mengikuti berbagai trik dan perubahan diet berikut yang sebenarnya sangat remeh tetapi bisa benar-benar membantumu mempercepat program dietmu.

Tanyakan dirimu dua pertanyaan sebelum menyerah pada hasrat makanmu

Salah satu perubahan diet sederhana namun efektif yang bisa membantumu menurunkan berat badan adalah menanyai dirimu sendiri dua pertanyaan. Pertama, tanyakan apakah kamu lapar. Kemudian, tanyakan kepada dirimu lagi apakah kamu hanya sedang dalam mood buat makan. Banyak dari kita yang makan hanya karena alasan-alasan lain yang bukan lapar fisik. Karena itu, memaham mengapa kamu ingin makan makanan tertentu bisa membantumu mengerti apakah makan adalah solusi terbaik bagimu. Kamu bisa saja tengah menunda-nunda pekerjaan, bosan, atau stress. Atau, kamu sedang merasa down. Coba distraksi dirimu selama lima atau 10 menit dan tentukan lagi apakah kamu benar-benar lapar.

Coba ambil istirahat makan siang lebih awal

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di Obesity, mengonsumsi makan siang lebih awal bisa membantumu menurunkan berat badan. Para partisipan yang mengonsumsi makan siang mereka lebih awal berhasil menurunkan 25 persen berat badan dibandingkan mereka yang makan setelah jam 3 sore, bahkan jika jumlah kalori dan jenis makanannya sama.

Ikuti jadwal makan yang sudah kamu buat

Tak peduli perubahan diet apa yang kamu buat dalam hal makanan, kapan kamu makan juga merupakan hal yang penting. Kelaparan saat siang hari dan mengabaikan tanda bahwa kamu lapar bisa membuatmu jadi makan lebih banyak nantinya. Dan ini jadinya bisa lebih sulit bagimu dalam mengendalikan kalori. Begitu pula dengan metabolismemu yang jadi berantakan. Kalau kamu makan teratur pada waktu teratur, maka metabolismemu bisa terbantu jadi normal.

Jangan menumpuk kalori

Apakah kamu tipe yang suka menghitung kalori tetapi menghematnya agar nantinya kamu bisa makan besar? Ini bukan merupakan sebuah hal yang baik, ternyata. Kamu harus membuat perubahan diet untuk kebiasaan buruk ini karena kebiasaan ini bisa membuatmu jadi makan berlebih. Alih-alih, cobalah kamu mengonsumsi kudapan yang penuh protein untuk melawan lapar dua jam sebelum makan besarmu.

Coba intermittent fasting

Perubahan diet seperti ini bisa menjadi sebuah cara yang sangat baik untuk menantang tubuhmu membakar lemak dan menjaga otot. Beberapa studi juga menemukan bahwa puasa teratur jangka pendek bisa meningkatkan metablisme hingga 3,6-14 persen. Ini adalah cara yang baik untuk mengurangi kalori tanpa secara sadar berusaha makan lebih sedikit. Banyak studi yang menunjukkan bahwa ini adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan jika nantinya kamu tidak balas dendam.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Kebenaran Tentang Kehidupan yang Jarang Diakui Orang

Di dunia ini banyak sekali kebenaran yang ditolak