Pernahkah kamu memikirkan berapa banyak dari hal manis-manis yang kamu konsumsi yang sebenarnya berasal dari pemanis buatan? Pemanis buatan bisa muncul dari minumanmu, di permenmu, di kue yang kamu konsumsi, dan berbagai makanan-makanan yang dipromosikan sebagai makanan rendah karbohidrat karena tidak mengandung gula asli. Namun, kalau kamu menghentikan konsumsimu terhadap pemanis buatan, apakah yang akan terjadi di dalam hidupmu?

Berat badanmu mungkin bertambah

Ini adalah salah satu dampak yang tidak mengenakkan. Jadi misalnya, jika kamu mengganti soda diet harianmu yang mengandung pemanis buatan dengan latte yang mengandung gula alami atau teh manis dari dapurmmu, maka kamu memberi tubuhmu kalori kosong yang bisa membuat berat badanmu jadi bertambah. Cara untuk menjauhi jebakan ini? Gantilah minuman-minuman itu dengan air putih biasa atau teh herbal yang tidak manis. Pastikan pula kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, protein sehat, dan lemak sehat. Ini akan membuat kamu makin kenyang.

Ngidam gulamu mungkin akan lenyap

Dalam studi hewan, makanan yang diberikan pemanis buatan memberikan sistem penghargaan pada otak untuk mencari lebih banyak gula dan kalori. Penemuan ini semakin mendukung ide bahwa varietas bebas gula dari makanan dan minuman terproses mungkin tak sebaik itu. Karena, ketika otakmu mengantisipasi makanan dan minuman manis dan lalu tidak mendapatkan kalori yang diharapkannya, maka ini bisa mendorong rasa ngidam manis-manis lebih banyak lagi untuk memenuhi janji itu. Tanpa pemanis buata, tak ada janji untuk dipenuhi.

Kamu bisa memangkas resiko diabetes

Pemanis buatan mungkin berkontribusi terhadap diabetes tipe 2. Sebuah studi pada tahun 2009 di jurnal Diabetes Care menemukan bahwa minum diet soda secara harian dengan penggnti gula meningkatkan kemungkinan terserang diabetes tipe 2 hingga 67 persen. Para peneliti juga menemukan bahwa minuman yang secara artifisil diberi pemanis ternyata terkait dengan level glukosa puasa yang lebih tinggi dan lingkar pinggang lebih tinggi pula. Ini adalah dua faktor diabetes yang besar. Bisa jadi, ini dikarenakan pemanis yang bebas kalori meningkatkan hasratmu untuk mengonsumsi makanan manis. Atau, bisa jadi kamu merasa boleh makan yang manis-manis lebih banyak karena kamu sudah menabung kalori.

Kamu mungkin sakit kepala

Apa yang akan terjadi saat kamu biasa makan pemanis buatan lalu berhenti begitu saja? Maka, kamu mungkin akan mengalami sakit kepala witthdrawal karena tiba-tiba kamu kekurangan bahan lain, misalnya ketika kamu menjauhi soda, maka kamu bisa pusing karena kafein. Namun, seiring waktu, ini bisa jadi semakin minimal, dan akhirnya kamu merasa normal lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Kamu Butuh Pujian

Beberapa orang mungkin merasa ragu saat akan memberikan