Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat ini, penyakit flu bisa menyerang siapa saja dengan cepat. Terkadang jika keluarga atau teman kerja terserang flu, kita juga tertular. Meskipun mudah disembuhkan dan tidak masuk kategori parah, tetapi penyakit flu bisa sangat mengganggu aktivitas dan itu sangat menyebalkan.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit flu :

  • Menjauh dari Orang yang Terkena Flu

Virus flu adalah parasit yang berkeliaran di sekresi pernapasan yang berjalan di udara dalam butiran kecil. Ketika diproyeksikan oleh batuk atau bersin, virus ini bisa terbang sekitar tiga kaki sebelum jatuh ke tanah. Seorang pasien flu yang secara aktif memproyeksikan tetesan ini dengan batuk atau bersin dapat mencemari udara yang kamu hirup.  Jadi sebaiknya, jika memungkinkan, jagalah jarak dari siapa pun yang memiliki gejala flu, supaya kamu terhindar dari penularan.

  • Cuci Tangan Setelah Menyentuh Barang di Tempat Umum

Apakah kamu berada di tempat umum atau di rumah, cucilah tangan menggunakan sabun setelah memegang permukaan yang sering disentuh orang lain. Jika perlu, kamu juga bisa gunakan hand sanitizer setelah cuci tangan, supaya virus dan kuman benar-benar hilang.

  • Pakai Sarung Tangan Karet Saat Merawat Seseorang yang Sakit.

Dalam lingkungan klinis, dokter dan perawat memakai sarung tangan karet dan masker sekali pakai untuk menghindari kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.  Jika kamu tidak siap mengenakan masker dan sarung tangan karet di rumah, maka sering-seringlah mencuci tangan saat berada di dekat siapa pun yang terserang flu.

  • Jauhkan Bibir Kamu dari Pasangan yang Terinfeksi

Virus flu menular bisa menular lebih cepat dari yang kamu kira bahkan sebelum kamu mengalami gejala pertamamu. Dari mulai demam sampai seminggu setelah gejala flu mereda, virus ini masih ada.   Jadi, mencium mulut atau wajah pasangan yang terserang flu tentu akan berisiko untukmu.

  • Simpan Sikat Gigimu

Sikat gigi bersih yang terkontaminasi oleh sikat gigi orang yang terinfeksi flu dapat memindahkan kuman ke sikat gigi bersih. Apalagi saat pasangan atau teman sekamar bersin di wastafel di mana sikat gigimu berada di situ. Waduh bisa-bisa virusnya mencemari bulu-bulu sikat gigi kamu dan akhirnya masuk ke mulut kamu saat kamu sikat gigi. Oleh karena itu, pisahkanlah sikat gigimu, jangan dicampur.

  • Hindari Berbagi Makanan dengan Orang yang Terinfeksi

Meskipun makanan tidak memainkan peran utama dalam menyebarkan influenza, makan makanan yang terkontaminasi dengan berbagi piring atau berbagi makanan yang terkena peralatan makan dari seseorang yang terinfeksi, bisa berpotensi membuat kamu ikut sakit.

  • Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup adalah kebiasaan yang baik untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal dan untuk mencegah virus pernapasan seperti flu. Menurut National Sleep Foundation, rata-rata orang dewasa harus tidur antara 7 sampai 9 jam tidur di setiap malam. Jadi, perhatikanlah jam tidurmu, usahakan untuk tidur yang cukup supaya tubuhmu kebal dari penyakit.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/amankan-dirimu-musim-hujan-ini-dengan-mengikuti-tips-mencegah-flu-berdasarkan-ayurveda-ini/

http://www.tampilcantik.com/beberapa-mitos-tentang-flu-yang-harus-berhenti-kamu-percayai-sekarang-juga/

http://www.tampilcantik.com/pengobatan-diy-untuk-flu-yang-bisa-kamu-gunakan-di-rumah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Uji Trik Penurunan Berat Badan

Jika kamu mencari tips dan trik untuk diet,