99 dari 100 kasus kanker kulit memang bisa dengan jelas kelihatan dari luar, dengan tanda seperti tahi lalat yang aneh, merah-merah, atau luka. Akan tetapi, slealu aa pengecualian dalam setiap peraturan, begitu pun dengan kanker kulit. Jika kamu tidak ingin terlambat untuk mengenali geala kanker kulit, maka kamu harus paham semua gejalanya. Bahkan hanya yang terjadi pada 1% kasus. Tak ada salahnya berhati-hati, kan?

Benjolan di bawah kulit

Kamu tidak akan bisa melihat in. Tetapi jika kamu merasakan adanya benjolan di bawah kulitmu, terutama di berbagai area seperti leher, area kemaluan, atau ketiak, maka ini bisa jadi merupakan indikasi kanker kulit yang menyebar ke titik-titik limfamu. Ini bukan gejala yang umum, tetapi bisa jadi ada situasi dimana sistem kekebalan tubuhmu berusaha mengurusi tahi lalat kanker utamanya tetapi kanker itu sendiri telah berkembang. Jadi, kanker ini dimulai pada kulitmu, tetapi kamu tak pernah melihatnya.

Jika kamu menemukan ada benjolan di mana pun yang seharusnya tidak ada, maka selalu temui dokter agar aman.

Sakit area perut

Selain titik limfa, melanoma juga bisa menyebar ke livermu. Jika ini terjadi, kamu bisa mengalami rasa sakit di bagian perutmu kuadran kanan atas. Akan tetapi, rasa sakit ini bukan efektif kondisi kanker kulit. Karena itu, jangan panik dulu. Segera temui dokter karena beberapa kondisi dengan gejala ini tidaklah seserius kanker.

Masalah pernapasan

Ketika melanoma telah terbentuk, ini juga bsia menyebar ke paru-parumu. Jika menyebar ke paru-parumu, maka ini bsia menjadi gejala napas yang pendek-pendek atau batuk yang terus-terusan. Jika kamu mengalami gejala ini, maka kamu harus khawatir. Tetapi, kebanyakan kasus dengan gejala ini bukanlah melanoma, melainkan asma atau bronkhitis. Akan tetapi, jelas, jika ini yang kamu derita, kamu harus menemui dokter dan mendapat perawatan jika tidak ingin kondisi tersebut menjadi semakin buruk.

Nyeri persendian

Kanker kulit juga bisa muncul dengan gejala nyeri pada area persendianmu. Karena, selain titik limfa, paru-paru, dan hati, tulang-tulangmu juga merupakan salah satu tempat dimana melanoma ini bisa menyebar. Bahkan, jika gejala yang di kulit telah ditangani oleh sistem kekebalan tubuhmu dan tak muncul. Jika ini terjadi, kamu akan mengalami gejala mirip artiritis seperti rasa nyeri atau sakit di persendian. Jika kamu tidak tahu alasan mengapa lutut dan pinggangmu sakit, maka kamu harus segera menemui dokter untuk berjaga-jaga dari penyakit berbahaya.

Penglihatan kabur

Kanker melanoma dimulai dari melanosit, sebuah sel pemroduksi pigmen yang ditemukan pada hampir semua area dari kulitmu. Tetapi, melanosit juga bisa ditemukan di mata dan bagian tubuh lainnya. Jadi, pada kasus-kasus yang langka, kamu bisa memiliki kanker yang ada di lokasi matamu. Jika kamu memiliki kanker di area mata, maka pandangan yang kabur bisa jadi gejalanya. Kamu bisa melihat pigmen atau perubahan warna pula pada matamu.

Baca juga 6 Pertanda Kanker yang Sering Dilewatkan Oleh Wanita Karena Sepele, Apa Kamu Juga Mengalaminya?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun