Sifat dan kandungan di sinar matahari itu seperti halnya sebuah pedang bermata dua. Ia memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup namun juga dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Berikut adalah berbagai contoh dampak buruk dari kebiasaan tidak menggunakan sunblock.

1. Penuaan dini

Penuaan dini merupakan salah satu akibat dari paparan sinar matahari yang berlebih. Seorang dokter yang tergabung dalam yayasan kulit kanker mengatakan bahwa penyebab penuaan kulit 90 persen diakibatkan oleh sinar matahari berlebih.

Kondisi ini diakibatkan oleh berkurangnya kualitas beberapa bagian elemen penting seperti photoaging dan elastisitas kulit karena paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, kandungan air di dalam kulit juga berkurang sehingga kulit akan terasa kering. Kemudian memunculkan kerutan dan garis-garis halus di wajah.

2. Kolagen di kulit rusak

Sinar matahari berlebih dapat menyebabkan perubahan pada kolagen di lapisan dermis. Hal tersebut mempengaruhi kinerja kolagen. Produksi kolagen secara alami di dalam kulit akan melambat sehingga membuat penampilan kulit nampak tidak sehat dan seolah menjadi terlihat lebih tua.

Kolagen sendiri merupakan suatu protein penting bagi tubuh maupun jaringan kulit manusia. Ia ikut berperan dan mengambil andil dalam pembangunan berbagai jaringan, tulang, rambut, mata dan juga sistem pencernaan.

3. Kerusakan DNA kulit

Sinar UV dapat merubah sel kulit secara genetik. DNA kulit menjadi rusak dan menyebabkan lesi kulit serta karsinogenesis. Jadi, lesi kulit adalah tumbuhnya jaringan kulit secara tidak normal. Contoh kasusnya seperti munculnya kutil, tahi lalat, lipoma dan bahkan munculnya benjolan berisi air pada lapisan epidermis.

Sedangkan karsinogenesis merupakan sebuah proses genetik di mana sel kanker mulai terbentuk. Terbentuknya sel ini dimulai karena sel-sel kulit normal mulai rusak dan juga tumbuh secara abnormal.

Jika hal ini terjadi secara berkelanjutan dan Anda tetap melakukan kebiasaan tidak baik seperti lalai dalam menggunakan sunblock, maka hal-hal tersebut bisa terjadi menghampiri Anda. Kondisi ini juga dapat memicu terjadinya kanker kulit.

4. Bintik matahari

Bintik matahari atau yang sering kita sebut dengan freckles merupakan respon kulit terhadap paparan sinar matahari berlebih. Bintik-bintik berwarna coklat akan muncul di sekitar wajah karena produksi melamin yang meningkat. Jadi semakin banyak kandungan melamin maka Anda akan mendapatkan efek hitam pada kulit.

Jika Anda berpikir untuk mendapatkan wajah yang estetik dengan sengaja memunculkan freckles sebaiknya hentikan. Bintik-bintik berwarna coklat kemerahan yang muncul di sekitar pipi dan leher ini memiliki gejala yang tidak enak untuk dialami, seperti rasa terbakar, gatal dan juga sensitif.

5. Spider veins

Sinar matahari yang masuk ke dalam jaringan kulit secara berlebih dapat merusak pembuluh darah kecil. Mereka biasanya tidak menyakitkan atau berbahaya, tetapi beberapa orang mungkin ingin mengobatinya karena membuat tampilan wajah kurang indah.

Ciri-ciri yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pembuluh darah yang bentuknya seperti jaring laba-laba muncul dengan warna biru, ungu atau kemerah-merahan. Pembuluh darah ini bukan jenis yang membawa darah dengan volume yang besar sehingga visualnya hanya terlihat seperti garis-garis tipis atau garis yang bercabang.

6. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Siapa bilang sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari hanya berdampak pada kulit saja? Sistem kekebalan tubuh kita juga bisa berubah karena UV B. Hal ini terjadi karena kandungan UV B mampu mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh seseorang. 

Paparan UV ini dapat mengubah aktivitas dan distribusi sel-sel yang bertugas untuk penyembuhan. Hal ini dapat terjadi karena senyawa sitokin mengalami peningkatan. Aktivitas dari sel T juga ikut meningkat. Ialah yang bertugas untuk mengontrol dan merespon imun terhadap partikel asing dari luar tubuh maupun dari diri sendiri.

Baca Juga :

Tips Menggunakan Sunblock Saat Menggunakna Make Up

KFC Rilis Kuteks Kuku dan Sunblock Beraroma Ayam Goreng

Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Apakah itu tingkat kelembaban dan hujan yang tinggi