Pertama-tama, kamu harus tahu bahwa kecemburuan dalam suatu hubungan benar-benar normal.  Tapi… menuduh pasangan berselingkuh karena kamu melihat sosok yang menyerupai mantan mereka di Instagram? Itu benar-benar tidak.

Ada cara yang sepenuhnya benar dan cara yang sama sekali salah untuk mengatasi kecemburuan dalam suatu hubungan. Kecemburuan sejatinya akan menjadi bagian dari hubungan kamu dan jika kamu menyangkalnya, kamu tidak akan mampu mengatasinya dengan sangat baik.

Berikut adalah cara memerangi kecemburuan dalam hubungan asmara :

  • Dukung perasaan masing-masing

Ketika kamu berada dalam hubungan yang berkomitmen, kamu mengorbankan beberapa kebebasanmu, karena kamu memiliki beberapa tanggung jawab. Salah satunya untuk saling menjaga perasaan pasangan. Kamu harus mendengarkan untuk membuat pasangan kamu merasa lebih nyaman.

  • Kecemburuan (dalam dosis kecil) sebenarnya adalah pertanda baik

Kecemburuan tidak terjadi begitu saja tanpa alasan. Jika kamu berkomitmen pada pasangan kamu, kamu akan memiliki kecemburuan, tidak peduli seberapa dingin dan cuek kepribadianmu. Tapi itu adalah hal yang baik, karena itu berarti kamu peduli dengan hubungan kamu. Mengenali dan menerima bahwa ini normal dan terus berjalan jauh lebih sehat daripada mengalahkan diri sendiri atau berpura-pura tidak pernah terjadi apa-apa.

  • Turunkan harapan kamu

Jika kamu percaya bahwa pasangan kamu tidak pernah tertarik pada orang lain, kamu mungkin harus memeriksa keyakinan kamu itu. Sangat wajar untuk menemukan orang lain menarik, tetapi tidak apa-apa untuk bertindak berdasarkan ketertarikan itu atau melakukan sesuatu. Jika kamu memiliki cita-cita yang sangat romantis untuk pasangan kamu, kamu memiliki peluang besar untuk merasakan kecemburuan. Jadi, turunkanlah harapan-harapan kamu. Just go with the flow~

  • Evaluasi kembali kebiasaan buruk kamu dan pasangan

Tindakan yang menurut kamu akan meyakinkan kamu akan kecurigaanmu pada pasangan (seperti menginterogasi pasangan kamu, memeriksa handphone pasangan, stalking mantan kekasih pasanganmu di media sosial) akan membuat kamu lebih cemas jika kamu tidak pernah benar-benar menemukan apa pun. Dan sementara pasangan kamu mengakui bahwa, ya, kadang-kadang dia berbohong,  kamu tidak akan pernah belajar tentang cara pasanganmu berbohong selain dengan melirik pesan di sosial media pasanganmu. Pastikan bahwa pengawasan yang berlebihan tidak menjadi kebiasaan yang akan kamu lakukan seumur hidupmu.

  • Sadari bahwa perselingkuhan atau pengkhianatan tidak akan mengakhiri hidup kamu

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang takut putus karena takut akan melajang adalah orang yang memiliki kemungkinan besar untuk cemburu. Kecemburuan dapat membantu kamu menyadari betapa banyak hal yang penting bagi pasangan kamu, atau membantu kamu memahami kemungkinan tanda bahaya. Apa yang tidak bisa dilakukan adalah sepenuhnya mencegah pasangan kamu mengirimkan DM genit atau selingkuh dengan rekan kerja. Yang bisa kamu lakukan adalah melakukan yang terbaik dalam mengomunikasikan kekhawatiran kamu dan memastikan kecemburuan kamu tidak menghabiskan waktumu.

Nah, itulah beberapa saran dan tips untuk mengurangi kecemburuan yang berlebihan. Cemburu boleh saja, tapi jangan terlalu berlebihan dan menjadi seorang yang super posesif, ya!

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/supaya-hubungan-langgeng-stop-posesif-pada-pasangan/

http://www.tampilcantik.com/ciri-ciri-pria-yang-control-freak-dan-posesif-jika-dia-seperti-ini-lebih-baik-segera-akhiri-hubungan-kalian/

http://www.tampilcantik.com/jangan-langsung-darah-tinggi-atasi-pacar-yang-posesif-dengan-cara-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bagaimana Cara Pasangan Suami Istri Berjuang Menjaga Pernikahan Tetap Langgeng dan Bahagia?

Semua impian para pasangan yang telah menikah adalah