Da banyak sekali produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Terkadang orang hanya asal membeli karena produk tersebut tampaknya sangat laris dan memiliki iklan yang sangat menggiurkan.

Nah, ada baiknya, sebelum kamu membeli produk perawatan rambut, kamu kenali dulu fungsi dari masing-masing produk. Simak daftar berikut untuk memudahkan kamu mengenali berbagai macam produk hair treatment beserta fungsinya:

Cleansing & Conditioning

  1. Clarifying shampoo 

Sampo tipe ini memiliki formula khusus yang bekerja untuk menghilangkan penumpukan minyak dan kotoran dari rambut. Produk yang cukup keras ini sebaiknya digunakan sebulan sekali saja, karena jika terlalu sering digunakan, clarifying shampoo bisa menghilangkan minyak alami dari rambut kamu. 

  1. Daily shampoo 

Produk ini adalah produk yang dimiliki oleh hampir semua orang di dunia. Daily shampoo digunakan untuk keramas biasa. Kamu akan mudah mendapatkan produk ini di toko-toko sekitar kamu. 

  1. Daily conditioner

Kondisioner adalah salah satu produk mutlak yang harus kamu miliki untuk mulai merawat rambut. Sebaiknya kamu segera menggunakan kondisioner setelah keramas. Cara mengaplikasikannya adalah mulai dari ujung sampai ke tengah rambut. Kamu tidak boleh mengaplikasikan produk ini sampai kulit kepala karena dapat membuat kulit kepala kamu menjadi berminyak. 

  1. Leave-in conditioner

Produk kondisioner semacam dapat diaplikasikan tanpa dibilas. Kamu bisa dengan mudah membawanya ke mana pun kamu pergi.

  1. Deep conditioner 

Bagi kamu yang memiliki rambut kering atau rambut rusak, kamu akan membutuhkan produk ini untuk memberikan ekstra hidrasi dan melembabkan rambut dengan lebih baik. 

Moisturizing and Sealing

  1. Hair lotion

Setelah rambut dibersihkan dan dikondisikan, losion berbasis krim dapat memberikan perlindungan lebih lanjut dari kerusakan dan kekeringan. Ini juga memberikan pegangan yang ringan dan tidak kaku.

  1. Oil

Dalam hal minyak, sedikit saja sudah cukup. Meningkatkan minyak alami rambut kamu, mengunci kelembapan dan memperkuat helai rambut.

Detangling

  1. Sisir gigi renggang

Kamu membutuhkan sisir dengan gigi renggang untuk menata rambut kamu yang basah. Karena, rambut basah dapat lebih mudah patah saat disisir. 

  1. Sisir rambut biasa

Ada berbagai jenis sisir yang bisa kamu pilih sesuai jenis rambut kamu. Carilah jenis sisir yang paling nyaman untuk kamu gunakan dan paling mudah untuk membebaskan rambut kamu dari kusut yang menjengkelkan, tanpa menyakiti rambut.

  1.  Spray 

Jika kamu selalu mengeluh kesakitan saat menyisir rambut karena rambut kamu benar-benar sulit diatur, maka kamu bisa menggunakan produk spray ini untuk melakukan detangling.

  1.  Hair Serum

Jika spray tidak bekerja dengan baik, maka kamu bisa memakai hair serum agar dapat menghilangkan kusut dengan mudah. Serum khusus detangling dapat mengondisikan rambut dan membuatnya lebih lembut sehingga memudahkan kamu untuk menyisir dan menatanya. 

Ragam Hair Treatment

  1.  Scalp treatment

Produk perawatan kulit kepala dapat membantu kamu menghilangkan sel kulit mati di kepala, merangsang pertumbuhan rambu, dan mengatasi masalah kulit kepala yang sering gatal. Kamu bisa mengaplikasikan scalp treatment setiap sebulan sekali. 

  1.  Protein dan Vitamin treatment 

Rambut keriting atau rambut yang mudah patah mungkin membutuhkan dosis protein ekstra. Untuk itu, kamu bisa menambahkan hair vitamin atau hair protein untuk mengisi celah di kutikula, memperkuat dan menghaluskan tiap helai rambut kamu.

  1.  Hair mask 

Sering kali diresapi dengan bahan-bahan bergizi, masker rambut cenderung dibiarkan selama beberapa menit untuk mengisi kembali rambut secara mendalam dan menyembuhkan kekeringan, ujung bercabang, atau kusut.

Baca Juga :

Ternyata, Coca-Cola bisa dipakai sebagai hair treatment! Simak 10 Manfaat Coca-Cola Lainnya yang Belum Banyak Diketahui Orang

REVIEW: Watsons Anti-Frizz Treatment Conditioner

Mengenal Lebih Dalam Tentang Treatment Dermaplaning Yang Lagi Hits

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Tips Perawatan Rambut yang Super Hemat

Menurut berbagai penelitian, rambut dianggap sebagai salah satu