Folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, adalah vitamin yang larut dalam air, yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks. Vitamin ini dapat  membantu tubuh membuat sel baru, terutama dengan memainkan peran dalam menyalin dan mensintesis DNA. Tidak hanya itu, folat juga dapat  membantu tubuh untuk memanfaatkan vitamin B12 dan asam amino. Dan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia, fungsi kekebalan dan pencernaan yang buruk.

Tidak hanya ibu hamil, bahkan ibu menyusui, penderita penyakit hati, pecandu alkohol, dan pasien diabetes juga berisiko mengalami defisiensi folat. Untuk mengatasi kemungkinan kekurangan folat, pastikan bahwa kamu  memasukkan makanan kaya folat ini ke dalam makanan kamu. Dan berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan folat, atau vitamin B9.

  1. Asparagus

Image result for asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan padat nutrisi dengan vitamin B9. Mengkonsumsi secangkir asparagus rebus memberi 33 persen nilai folat harian yang direkomendasikan. Vitamin K, vitamin C, vitamin A dan mangan juga hadir dalam asparagus.

  1. Brokoli

Image result for brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan detoksifikasi yang paling terkenal dan merupakan sumber folat yang hebat. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 14 persen vitamin folat harian kamu. kamu bisa menikmati brokoli dengan direbus atau dikukus.

  1. Buah Jeruk

Image result for buah jeruk

Banyak buah jeruk menempati urutan tertinggi dalam folat. hal ini karena jeruk adalah sumber vitamin B9 yang baik. Satu oranye mengandung sekitar 50 mcg folat. Buah lain yang juga kaya akan folat adalah pepaya, grapefruit, anggur, pisang, dan stroberi

  1. Kacang polong

Image result for kacang polong

Kacang polong dan kacang lentil mengandung folat tinggi. Dalam semangkuk kecil kacang polong akan menyediakan sebagian besar kebutuhan folat harian kamu. Kacang hitam, kacang merah, kacang hijau dan kacang hijau adalah beberapa kacang polong yang bisa kamu masukkan ke dalam makanan harian kamu.

  1. Alpukat

Image result for alpukat

Alpukat, juga dikenal sebagai buah mentega, mengandung 110 mcg folat per cangkir, yang menyumbang sekitar 28 persen kebutuhan harian kamu. Tidak hanya menjadi  makanan terbaik yang kaya folat namun alpukat  juga merupakan sumber asam lemak dan serat makanan yang sangat baik.

  1. Kacang Dan Biji-bijian

Related image

Biji labu, biji wijen, biji bunga matahari dan biji rami kaya akan folat. Selain itu, biji bunga matahari dan biji rami sangat tinggi pada folat dan kacang-kacangan seperti kacang dan kacang almond juga mengandung folat. Jadi, konsumsilah mereka mentah atau menambahkannya ke dalam salad kamu.

  1. Wortel

Image result for wortel

Wortel adalah sayuran lain yang bermanfaat bagi kesehatan kamu. Secangkir wortel mentah akan memberi kamu hampir 5 persen kebutuhan vitamin B9 Anda yang direkomendasikan setiap hari. Makan wortel bayi sebagai camilan atau tambahkan di salad kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres.