Memulai perjalanan kewanitaan membawa perubahan dan pencapaian yang signifikan. Salah satu fase penting dalam proses ini adalah datangnya menstruasi pertama Anda. Mengalami perubahan, baik fisik maupun mental, yang perlu didekati dengan pengetahuan dan kesiapsiagaan. Mengenali tanda-tanda awal dan menerapkan strategi perawatan diri yang efektif dapat membuat transisi ini lebih lancar dan nyaman. Dr Rubina Shanawaz Z, Konsultan Senior, Rumah Sakit Fortis, Bengaluru berbagi wawasan berharga untuk membantu seseorang melewati fase baru dalam hidup mereka.

Kapan saya bisa mengharapkan menstruasi pertama saya?

Usia rata-rata untuk menstruasi pertama, juga dikenal sebagai menarche, biasanya antara 10 dan 12 tahun. Namun, waktunya dapat bervariasi tergantung pada faktor individu. Jika Anda memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi, menstruasi pertama Anda mungkin dimulai lebih awal dari rata-rata. Juga, jika Anda kekurangan berat badan, mengalami stres, atau menghadapi ketidakseimbangan hormon, menstruasi pertama Anda mungkin tertunda.

Tanda-tanda awal pubertas biasanya berupa pertumbuhan payudara, diikuti dengan tumbuhnya bulu ketiak dan kemaluan, seiring dengan bertambahnya tinggi badan dan perubahan bentuk tubuh. Kira-kira dua tahun setelah tanda-tanda awal pubertas muncul, Anda bisa mengantisipasi dimulainya haid pertama Anda. Jangka waktu untuk ini dapat berkisar dari enam bulan hingga tiga tahun.

Jika Anda pernah mengalami tanda-tanda pubertas lainnya namun belum mulai menstruasi hingga usia 15 tahun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mungkin meminta pemeriksaan penunjang yang relevan seperti pemindaian ultrasound dan tes hormon darah untuk lebih memahami situasinya. Penting untuk mencari panduan medis dalam kasus seperti itu untuk memastikan kesejahteraan Anda dan mengatasi potensi kekhawatiran.

Apa tanda-tanda awalnya?

Terlepas dari pertumbuhan payudara, rambut kemaluan dan ketiak dengan percepatan pertumbuhan yang terjadi selama rentang waktu 2-3 tahun, tanda-tanda sebelumnya sebagian besar termasuk (tetapi tidak selalu diktum),

路 Meningkatnya keputihan encer

路 Kram perut bagian bawah

路 Jerawat

路 Perut kembung

路 Perubahan suasana hati yang ekstrim

Apa warna haid pertama saya?

Warnanya bisa bervariasi dari coklat tua hingga merah terang hingga merah tua.

Berapa banyak yang bisa saya harapkan untuk berdarah?

Sifat periode pertama dapat bervariasi dari bercak ringan hingga aliran yang sedikit lebih deras dengan gumpalan kecil.

Berapa lama periode pertama saya akan berlangsung?

Haid pertama dapat berbeda di antara anak perempuan, dengan beberapa hanya mengalami bercak ringan selama beberapa hari, sementara yang lain mungkin mengalami haid yang lebih lama hingga seminggu. Rata-rata, periode biasanya berlangsung antara 2 hingga 7 hari.

Selama tiga tahun pertama setelah menstruasi dimulai, lama aliran menstruasi dan waktu antar periode dapat bervariasi. Biasanya menstruasi terjadi setiap 2-3 bulan sekali atau bahkan dengan interval yang lebih lama selama periode ini. Fluktuasi ini merupakan bagian dari penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormonal yang menyertai pubertas.

Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika:

路 Terjadi perdarahan terus menerus selama lebih dari 7 hari

路 Kesenjangan antara dua periode kurang dari 20 hari

路 Anda merasa pusing/lelah

路 Anda mengalami rasa sakit yang tak tertahankan selama periode

路 Periode tertunda dengan jeda lebih dari 45-60 hari bahkan setelah 2-3 tahun dari periode pertama.

Merawat diri adalah suatu keharusan

Saat Anda mengalami menstruasi pertama, penting untuk segera mengambil tindakan jika Anda melihat darah setelah menggunakan toilet atau jika pakaian Anda ternoda. Sebagai tindakan sementara, Anda bisa menggunakan bahan penyerap seperti kertas tisu dan letakkan di dalam celana dalam Anda. Sangat penting untuk memberi tahu orang dewasa tepercaya tentang apa yang Anda alami sehingga mereka dapat memberi Anda panduan dan dukungan lebih lanjut.

Ketika mengatur aliran menstruasi Anda, ada banyak pilihan yang tersedia berdasarkan preferensi pribadi. Ini termasuk pakaian dalam periode, pembalut wanita, tampon, dan cangkir menstruasi. Sangat penting untuk mendidik diri sendiri tentang keuntungan dan kerugian dari setiap opsi. Anda dapat bereksperimen dengan beberapa produk berbeda untuk melihat mana yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda. Dengan menjelajahi pilihan-pilihan ini dan membiasakan diri dengannya, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang produk kebersihan menstruasi yang paling cocok untuk Anda.

Kram

Kram alami selama fase awal, dan selalu ada pengobatan rumahan yang bekerja dengan sangat baik:

路 Gunakan kantung air panas pada perut bagian bawah.

路 Minum cairan hangat.

路 Buat diri Anda aktif secara fisik.

路 Gunakan over the counter pembunuh rasa sakit hanya atas saran dari dokter.

Kebersihan Menstruasi

Ada praktik kebersihan tertentu yang perlu diikuti selama menstruasi, seperti:

路 Ganti pembalut Anda setiap 3-4 jam meskipun tidak sepenuhnya basah / kosongkan cangkir menstruasi Anda setiap 6-8 jam tanpa henti.

路 Bersiaplah untuk kebocoran pada awalnya dan miliki produk saniter ekstra.

路 Basuhlah area kemaluan hanya bagian luarnya saja dan jangan mencoba melakukan douche (membersihkan bagian dalam vagina). Douching dapat menyebabkan infeksi vagina karena perubahan nilai ph cairan vagina.

路 Lacak menstruasi Anda di jurnal/di aplikasi untuk mengidentifikasi ketidakteraturan.

路 Ingatlah bahwa kehamilan adalah suatu kemungkinan dan waspadai kesehatan reproduksi Anda.

Berbekal informasi yang tepat, seseorang dapat memahami tubuh dengan sebaik-baiknya!

Baca Juga :

<strong>Memahami Kesuburan Sekunder pada Pria dan Wanita</strong>

Memahami Perbedaan Antara PCOS Dan Endometriosis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pikiran Sehat, Anda Lebih Sehat: Hubungan Penting Untuk Kesehatan

Pepatah kuno mengatakan 鈥渄i dalam tubuh yang sehat