Banyak orang telah  kecanduan smartphone dan bahkan tidak bisa menjalani hari dengan normal tanpa barang tersebut. Menurut sebuah survei baru-baru ini, kecanduan smartphone  mungkin bukan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya, mengingat penggunaan smartphone sudah sangat normal dan bahkan smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan yang pokok.

Tapi, jika kamu adalah seseorang yang tidak bisa pergi ke kamar mandi tanpa smartphone, sebenarnya ada beberapa risiko yang harus kamu pertimbangkan, loh. Jika kamu selalu membawa smartphone saat ke kamar mandi, kamu sudah terindikasi kecanduan. Kecanduan ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan kita, tetapi juga dapat memengaruhi pikiran kita dan pekerjaan yang kita jalani.

Berikut adalah alasan mengapa kamu harus berhenti membawa smartphone kamu ke kamar mandi :

  • Dapat menyebarkan banyak bakteri berbahaya

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa smartphone lebih kotor daripada dudukan toilet! Memang, fakta ini cukup menjijikkan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak sekolah menengah menemukan bahwa smartphone bahkan mengandung bakteri E. coli. Bakteri berbahaya ini dapat berpengaruh pada masalah usus seperti keracunan makanan.

Hal yang lebih berbahaya adalah E. Coli bukan satu-satunya bakteri yang dapat kamu temui di kamar mandi. Jadi, sebaiknya, kamu tidak membawa smartphone kamu ke kamar mandi.

  • Dapat meningkatkan kemungkinan kamu terkena wasir

Hal ini mungkin terjadi karena jumlah waktu yang dihabiskan seseorang di toilet menjadi meningkat ketika seseorang membawa smartphone. Meskipun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk memverifikasi hubungan ini, tapi nyatanya kasus wasir telah meningkat sejak diperkenalkannya smartphone. Ketika kita membawa smartphone di toilet, biasanya kita menjadi santai dan berlama-lama di toilet. Inilah yang mungkin menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

  • Dapat membatasi kapasitas berpikir kita

Smartphone benar-benar bisa mengganggu konsentrasi dan pemikiran kita, serta membatasi kemampuan kita untuk menangani masalah, bahkan saat kita tidak menggunakannya atau saat smartphone dimatikan.

Oleh karena itu, waktu tanpa gangguan smartphone sangat penting bagi pikiran kita. Mematikan smartphone atau menghabiskan waktu sendirian tanpa smartphone, terkadang adalah hal yang kamu butuhkan. Cobalah tinggalkan smartphone kamu saat kamu akan pergi ke kamar mandi.

  • Dapat menyebabkan disfungsi dasar panggul

Menghabiskan waktu lama di toilet sambil terganggu oleh smartphone bisa menimbulkan masalah bagi otot kita. Secara khusus, organ tubuh seperti usus, kandung kemih, dan vagina bisa “tergelincir” karena otot dasar panggul tidak lagi cukup kuat untuk menopangnya. Hal ini biasa disebabkan karena postur tubuh kita saat duduk di toilet, terutama jika kita membungkuk dalam waktu lama.

  • Dapat meningkatkan ketergantungan kamu pada smartphone

Meskipun smartphone mampu menghubungkan kita ke dunia luar dan memberikan berbagai kemudahan untuk pekerjaan dan hiburan, tapi smartphone juga bisa dengan mudah dan cepat membuat orang ketagihan. Faktanya, 1 dari 10 milenial sebenarnya lebih suka kehilangan satu jari mereka daripada harus kehilangan smartphone. Ini jelas bukan pertanda baik karena ini menunjukkan bahwa kita sudah mulai mematikan lingkungan kita.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Cara Aman Menyembuhkan Mata Kelilipan

Umumnya, bulu mata, kelopak mata, dan air mata