Kamu pasti tahu bahwa apa yang kamu makan sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulutmu. Karena, gigimulah yang harus mengunyah makanan-makanan tersebut. Sayangnya, beberapa makanan yang normal bisa berdampak begitu buruk bagi putihnya gigi dan kesehatan gusimu. Berdasarkan para dokter gigi, makanan-makanan berikut ini bisa merusak gigi padahal terlihat normal.

Popcorn

Siapa tahu ternyata popcorn bisa merusak gigi putih dan kuatmu? Banyak orang yang datang ke dokter gigi dengan gigi yang pecah-pecah dan rusak karena makan popcorn yang masih belum seutuhnya masak. Apalagi, sisa-sisa kulit jagung yang secara tidak sengaca menyelip di antara gigimu bisa berbahaya karena bisa menyebabkan sakit gusi. Ini tentu membuat sedih karena popcorn sebenarnya termasuk salah satu makanan yang paling sehat.

Buah kering

Kamu suka makan buah-buahan kering seperti kismis atau nanas kering? Ternyata ini bisa merusak gigi. Memang, meskipun nikmat dan mengandung banyak serat, buah-buahan kering adalah bencana buat gigi. Bukan hanya karena gulanya terkonsentrasi sehingga menjadi semakin padat, tetapi juga biasanya buah yang dikeringkan sangatlah lengket dan karena itu akan menempel di belakang gigimu menyebabkan karang gigi.

Minuman kopi dingin

Mulailah mencari alternatif minuman kopi nikmat tetapi rendah kalori, karena kopi-kopian dengan ekstra bahan yang membuatnya manis ternyata adalah mimpi buruk yang bisa merusak gigi. Paparan konstan terhadap susu dan gula dalam waktu satu jam membuat ludahmu jadi susah untuk melawan gula dan asam yang diproduksi di mulut. Ludah adalah pelindung gigi terbaik, dan dengan serangan gula  konstan karena kamu mennyesap minuman-minuman bergula, seiring waktu kelenjar ludahmu akan gagal untuk bisa menyesuaikan diri.

Air lemon

Kalau kamu mengira bahwa mengganti kopi manis pagi harimu dengan lemon akan membuatmu jadii lebih sehat, pikirkan lagi. Ternyata, air lemon hangat yang jadi ritual pagimu bisa merusak gigi. Gigi yang aus disebabkan oleh keasaman lemon yang mengerosi bagian lapisan luar gigi. Paparan yang repetitif dan terus menerus minuman atau makanan asamm bisa merusak enamel gigi, membuat dentin terbuka, yang sangat sensitif sehingga akan sakit ketika tererosi lagi.

Minuman berenergi

Wasapai juga minuman berenergi yang bisa merusak gigi. Karena, minuman berenergi mempunya sifat super asam, dan memiliki pH yang sangat rendah serta kandungan gula yang tinggi. Ini bisa menyebabkan gigi menjadi aus dan bahkan penuh dengan karang gigi yang menyelimutinya. Karena itu, lebih baik jauhilah minuman ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Harus Berhenti Mempercayai 7 Mitos Diet Berikut Ini

Tips diet telah tersebar di mana-mana dan membuat