Dia suka kucing, kamu suka anjing. Dia suka musik-musik indie yang sedang hip, kamu hanya dengerin musik tradisional atau campur sari. Dia suka makan cake dan es krim, kamu benci makanan manis dan kecanduan sama semua yang super pedas. Dia suka baca buku dan nongkrong ke perpus, kamu setiap minggu harus main ke pantai atau jadi gila. Bisakah kamu dan dia yang sangat berbeda bersatu?

Mungkin akan lebih mudah kalau kamu jatuh cinta dengan seseorang yang menyukai segala hal yang sama denganmu. Sayangnya, kamu seringkali tidak bisa memilih. Lagipula, hal-hal yang berlawanan kadang menarik satu sama lain. Karena hidup tidak akan menyenangkan kalau tidak ada kejutan. Ketika kamu dan pasanganmu sepenuhnya sama, maka akan lebih mudah untuk tidak saling bertengkar. Tetapi, apakah kamu saling melengkapi? Kalau kalian sama-sama introvert dan tidak suka berurusan dengan orang, siapa yang harus kebagian melakukan hal yang tidak menyenangkan seperti menawar di pasar, mengurusi acara pesta, dan semacamnya? Kalau kamu dan dia sama-sama berantakan, siapa yang akan bersih-bersih rumah dan ingat kunci ditaruh di mana?

Hubungan dengan cowok yang sangat berbeda denganmu bisa membawa kebahagiaan asal bedanya bukan sesuatu yang prinsip (misal, etika, ideologi dan kompas moral). Begini caranya agar kamu dan dia bisa tetap akur.

Selalu ingat kamu melengkapi satu sama lain

Ketika kamu menikah atau pacaran dengan cowok yang sangat berbeda denganmu, selalu ingatlah bahwa dimana ia lemah, kamu kuat dan begitu pun sebaliknya. Pasangan yang sempurna bukan pasangan yang berpikir serupa, tetapi pasangan yang berpikir dengan cara berbeda tetapi saling mengisi. Bersama dengan pasangan yang merupakan kaca darimu sama dengan merefleksikan ketidaksempurnaanmu, di titik-titik yang persis sama. Bersama ia yang berbeda, kalian saling melengkapi. Kamu dan dia akan saling menantang kekuatan dan kelemahan satu sama lain juga.

Bantu satu sama lain berkembang

Misalnya, jika kamu adalah tipe yang selalu menunggu hingga menit terakhir untuk berangkat saat janjian, dan dia adalah tipe yang selalu datang lebih awal, kamu dan dia bisa saling membantu. Kamu bisa belajar darinya agar jadii lebih tepat waktu. Di sisi lain, misalnya dia adalah tipe orang yang terlalu befokus kepada perencanaan dan tidak bisa bersenang-senang, dan kamu adalah tipe yang santai, kamu dan dia bisa saling mengajari satu sama lain untuk jadi seimbang.

Belajar berkompromi untuk hubungan yang sehat

Satu-satunya hal yang membuat hubungan dengan orang yang sangat berbeda denganmu menjadi sukses adalah kemampuan untuk berkompromi. Kamu tak harus berkompromi setiap harinya, tetapi jika kamu merasa ini penting buat pasanganmu, lakukanlah. Misalnya, pasanganmu benar-benar tidak bisa merapikan segala barang yang hampir disentuhnya, dan kamu mudah marah kalau melihat ada yang berantakan, maka temukan kompromi dengan pasanganmu agar kalian tidak saling membuat satu sama lain kesal.

Buatlah pengaturan dan sering-seringlah mengobrol untuk mencapai kesepakatan. Jangan sampai kamu dan dia jadi bertengkar padahal bisa dihindari.

Baca juga Bahasa Cinta yang Mengubah Hidup – Prinsip Dasar Meraih Kebahagian dalam Sebuah Hubungan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kaum Pria Harus Baca Ini, 9 Cara Membuat Pacar Merasa Dicintai Dan Istimewa

Orang spesial dalam hidup Anda memberi Anda kegembiraan