Otak kita bekerja siang dan malam, bahkan saat kita sedang tidur. Ibarat mesin yang membutuhkan bahan bakar terus menerus agar dapat berfungsi dengan baik. Bahan bakar ini tidak lain adalah makanan yang Anda konsumsi. Untuk sebuah mobil, yang penting tidak hanya berapa banyak bahan bakar yang Anda masukkan ke dalamnya, tetapi juga apa yang Anda masukkan. Jika Anda memasukkan solar ke dalam mobil berbahan bakar bensin, Anda akan merusak seluruh sistem mobil. Demikian pula, penting untuk fokus pada apa yang Anda makan. Karena tidak hanya memastikan berfungsinya tubuh Anda dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk memengaruhi suasana hati Anda.

Jadi bagaimana makanan benar-benar mempengaruhi suasana hati kita? Berdasarkan ilmu pangan, penelitian menunjukkan bahwa perubahan pola makan mempengaruhi struktur otak, baik secara kimia maupun fisiologis, sehingga mengakibatkan perubahan suasana hati. Ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi suasana hati Anda. Namun, kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa makanan dan pola makan yang sehat adalah salah satu alasan utama di balik senyum bahagia dan hidup bahagia. Seperti kata pepatah, ‘Makanan yang Anda makan bisa menjadi bentuk obat yang paling aman dan paling ampuh, atau bentuk racun yang paling lambat.’

Baca terus tentang makanan untuk dimasukkan ke dalam diet bahagia Anda.

Karbohidrat – Baik atau Buruk?

Ada dua jenis karbohidrat, sederhana dan kompleks. Tubuh Anda dapat dengan mudah memecah karbohidrat sederhana dan memberi Anda energi instan. Karbohidrat dapat ditemukan pada pisang, nasi putih, kentang, makanan gurih, roti, dll. Ketika orang berbicara tentang karbohidrat yang berbahaya bagi tubuh, mereka sering merujuk pada karbohidrat sederhana karena sifatnya seperti bahan bakar yang cepat terbakar. Begitu mereka memasuki tubuh Anda, mereka meningkatkan kadar gula dan menyebabkan lonjakan insulin. Inilah alasan mengapa Anda merasakan ledakan energi secara tiba-tiba. Namun seiring berjalannya waktu, tingkat insulin turun dan Anda akhirnya merasa malas, pusing, dan bahkan iritasi.

Sebaliknya, karbohidrat kompleks lebih disukai karena meningkatkan insulin secara perlahan dan bertahap. Kita bisa menemukannya pada nasi merah, oat, sorgum, ubi jalar, brokoli. Karbohidrat kompleks tidak membuat Anda terburu-buru mengonsumsi gula dan memungkinkan tubuh Anda menyerap nutrisi secara perlahan sekaligus memberi Anda energi jangka panjang alih-alih peningkatan suasana hati yang singkat.

Perlu diingat bahwa semua karbohidrat sederhana belum tentu buruk. Itu tergantung dari mana Anda mendapatkannya dan jumlah asupan karbohidrat Anda. Jangan lupa bahwa kapan Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Ingatlah untuk makan pada interval tertentu dalam sehari, makan secukupnya, dan fokus pada menjaga pola makan seimbang.

Asupan Protein

Protein mengandung asam amino yang bertanggung jawab untuk fungsi otak Anda. Asam amino seperti triptofan dikenal untuk biosintesis protein dan pembuatan melatonin dan serotonin. Sederhananya, melatonin memastikan siklus tidur-bangun yang baik dan serotonin dikenal sebagai hormon ‘merasa baik’ yang mengatur suasana hati, perasaan, dan kebahagiaan. Kurangnya hormon bahagia seperti dopamin dan serotonin bisa membuat Anda merasa tertekan, jengkel, dan agresif. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan protein ke dalam makanan Anda. Sertakan protein dalam setiap makanan melalui makanan seperti susu, kacang-kacangan, polong-polongan, kedelai. Ingatlah untuk menghindari makan makanan berminyak di malam hari, karena alih-alih hormon bahagia, tubuh Anda akan melepaskan hormon yang membuat Anda merasa tidak enak.

Asam Lemak Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak membantu melawan gangguan mood seperti depresi. Kacang-kacangan dan biji-bijian (seperti chia, bunga matahari, labu), produk ikan, dan polong-polongan kaya akan asam lemak omega-3 dan magnesium. Mereka membantu meningkatkan sel-sel otak, mempertajam daya ingat, dan menghasilkan hormon perasaan baik dalam tubuh. Makanlah makanan kaya antioksidan di pagi hari, dengan pisang dan kacang-kacangan untuk memberi Anda energi sepanjang hari.

Mikronutrien Itu Penting

Mikronutrien seperti seng, tembaga, magnesium, selenium dapat ditemukan dalam kacang-kacangan atau biji-bijian (seperti bunga matahari, semangka, labu) yang meningkatkan fungsi sel otak. Sepanjang hari, pastikan makanan Anda mencakup semua jenis nutrisi dan vitamin. Makanlah makanan yang bervariasi. Tolong jangan membuat daftar periksa dalam pikiran Anda, tetapi fokuslah pada menciptakan rutinitas diet seimbang.

Hindari Makanan Olahan dan Kemasan

Makanan olahan dan kemasan mengandung gula, natrium, dan lemak dalam jumlah tinggi. Hal ini tidak hanya berbahaya bagi tubuh Anda tetapi juga dapat menyebabkan gejala depresi dan kecemasan. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan perubahan suasana hati, memicu peradangan, dan bahkan mengganggu fungsi otak. Daripada menyimpan rasa takut, fokuslah pada rutinitas pola makan yang bersih dan sering makan curang.

Jika Anda berencana untuk membawa perubahan positif dalam gaya hidup Anda melalui perubahan pola makan, mulailah dengan lebih memperhatikan pengaruh makanan yang berbeda terhadap perasaan Anda. Terapkan pola makan bersih selama dua minggu di mana Anda menghindari segala jenis makanan olahan dan gula. Ini secara bertahap akan membantu Anda merasa lebih sehat secara fisik, emosional dan mental. Setelah dua minggu, Anda dapat menambahkannya secara perlahan ke dalam makanan Anda jika perlu, tetapi Anda akan menyadari bahwa Anda lebih baik tanpanya. Semoga hidup sehat dan bahagia!

Baca Juga :

<strong>Cari Tahu Fakta Dari 5 Mitos Tentang Pola Makan Nabati Ini</strong>

<strong>Bye Kulit Kusam, Ganti Pola Makan Anda Untuk Mendapatkan Kulit Cerah</strong>

<strong>Bye Kulit Kusam, Ganti Pola Makan Anda Untuk Mendapatkan Kulit Cerah</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab