Hubungan monogami terbentuk ketika dua orang terikat begitu erat sehingga mereka menjadi belahan jiwa. Mereka begitu berharga bagi satu sama lain sehingga seluruh dunia tidak berarti bagi mereka. Sekuat apa pun kedengarannya. Hubungan monogami tidak mudah ditemukan. Itu adalah permata langka dan indah untuk ditemukan.

Jenis Hubungan Monogami

Hubungan monogami adalah ketika dua orang bersikap eksklusif, terbuka, dan jujur. Komunikasi sangat penting dalam hubungan monogami. Pasangan mendiskusikan keinginan, kekhawatiran, dan batasan mereka untuk memastikan bahwa kedua belah pihak memiliki pemikiran yang sama dan hubungan tetap sehat dan memuaskan. Mereka menciptakan lingkungan yang sangat mendukung satu sama lain.

Monogami V/s Non-Monogami?

Monogami melibatkan hanya memiliki satu pasangan yang berdedikasi sedangkan hubungan nonmonogami justru sebaliknya. Hubungan nonmonogami melibatkan lebih dari satu pasangan. Dimana masing-masing pasangan saling mengetahui tentang satu sama lain dan menghilangkan perselingkuhan.

Jenis Hubungan Non-Monogami

Beberapa tipe dan pengaturan yang tak terhitung jumlahnya berada dalam hubungan non-monogami:

1. Hubungan Terbuka

Saat itulah pasangan yang berkomitmen utama mengambil persetujuan satu sama lain untuk menjalin ikatan dengan pasangan lainnya. Hal ini membutuhkan kepercayaan dan kematangan emosional yang besar. Penetapan peraturan dan regulasi penting untuk mengetahui batasan untuk menghindari segala jenis kecemburuan dan rasa tidak aman, yang bisa menjadi topik yang sangat sensitif dalam hubungan terbuka.

2. Poliamori

Poliamori adalah jenis hubungan non-monogami yang melibatkan banyak hubungan seksual, romantis, dan emosional. Berbeda dengan hubungan terbuka, tidak ada hubungan utama yang menjadi fokus. Mereka memperlakukan satu sama lain dengan setara. Mengelola waktu dan sumber daya emosional dapat menjadi tantangan dalam hubungan poliamori.

3. Triad

Triad adalah hubungan di mana tiga orang terlibat secara romantis dan/atau seksual satu sama lain. Triad hadir dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan dinamika dan nuansa tersendiri.

4. Hubungan Anarki

Anarki hubungan adalah pendekatan non-tradisional terhadap hubungan yang menolak norma-norma masyarakat. Dan mendukung penciptaan individualitas dan fleksibilitas. Ini adalah filosofi dan gaya hidup yang mendorong individu untuk mendefinisikan hubungan mereka sesuai dengan istilah mereka sendiri.

5. Monogami

“Monogamish” adalah istilah yang diciptakan oleh kolumnis seks Dan Savage. Artinya berada dalam hubungan yang sebagian terbuka.

6. Hubungan Vee atau “V”.

Dalam hubungan Vee atau “V” ada dua aspek. Engsel dan Dua Lengan.

Engsel: Engsel adalah tokoh sentral dalam Vee. Orang ini terlibat secara romantis atau seksual dengan kedua lengan V dan memelihara hubungan terpisah dengan masing-masing lengan.

Lengan: Lengan Vee adalah dua individu yang terhubung ke engsel tetapi tidak harus satu sama lain secara romantis atau seksual.

Tips Menjalankan Hubungan Monogami

Komunikasi adalah kunci hubungan jangka panjang. Tetapkan batasan yang jelas. Habiskan waktu berkualitas satu sama lain untuk menjalin ikatan yang lebih baik. Bangun hubungan berdasarkan kepercayaan, kejujuran, dan kesetiaan.

Poin Penting

  • Monogami adalah ketika dua orang berkomitmen secara emosional, romantis, dan seksual satu sama lain.
  • Ada dua jenis hubungan utama, monogami dan non-monogami.
  • Bersikaplah komunikatif dengan pasangan Anda tentang hubungan Anda.
  • Monogami bisa menyehatkan jika dilakukan dengan benar.

Baca Juga :

Efek Toxic Relationship dan Cara Memperbaikinya

<strong>8 Relationship Goals Yang Harus Diperjuangkan Setiap Pasangan</strong>

<strong>Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Open Relationship</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal yang Mempengaruhi Anda Memilih Pasangan Berdasarkan Hubungan Dengan Ayah 

Hati kita terasa aman bila ada rasa keakraban