Mempelajari cara merawat rambut keriting bisa menjadi pekerjaan yang cukup sulit. Mereka yang memiliki tekstur rambut lurus lebih mudah untuk mencuci rambut dan tahu seberapa sering harus mencuci rambut. Namun berbeda dengan mereka yang memiliki rambut ikal atau keriting.

Rambut ikal dan keriting bisa berubah dari tegas, halus dan kenyal menjadi surai kusut dalam waktu singkat. Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika mempelajari cara merawat rambut keriting adalah kenyataan bahwa sebagai jenis rambut, rambut ini jauh lebih halus daripada rambut lurus. Belajar menyisir rambut ikal Anda dengan benar sangat penting untuk menghindari rambut rusak. Berikut beberapa cara merawat rambut keriting dengan benar.

Cara merawat rambut keriting

  1. Gunakan sisir yang tepat

Baik Anda mengurai ikal saat rambut kering atau basah, satu hal yang semua orang setujui adalah menggunakan sisir bergigi lebar yang dirancang khusus untuk tugas tersebut.

  1. Oleskan kondisioner

Untuk merapikan rambut Anda yang diperlukan untuk mengatasi kusut tanpa banyak kerusakan, pilih kondisioner atau masker yang menutrisi untuk rambut basah atau minyak, serum, atau semprotan penghilang kusut tugas berat untuk rambut kering.

  1. Mulai dari ujung dan kerjakan ke atas

Mulai dari ujung dan secara bertahap naik ke akar, bukan sebaliknya. Hal ini membantu untuk lebih menghindari kerusakan dan mencegah Anda membuat banyak simpul kusut di sepanjang bagian bawah rambut Anda.

  1. Bilas rambut dan keringkan dengan lembut

Saat rambut Anda sudah benar-benar terurai dan dibilas hingga bersih, tepuk perlahan dan peras rambut hingga kering dengan handuk mikrofiber. Mikrofiber jauh lebih ramah terhadap rambut daripada handuk katun tradisional, karena meminimalkan gesekan dan tarikan yang dapat menyebabkan kerusakan dan kusut. 

  1. Kunci kelembapan dengan minyak rambut

Untuk mengunci semua kelembapan pada tempatnya, dan mempertegas rambut ikal Anda dengan minyak rambut atau pelembab yang mengandung minyak. Pastikan untuk mengoleskannya tidak hanya pada lapisan atas dan bawah rambut Anda, tetapi membagi rambut Anda menjadi beberapa bagian dan mengaplikasikan ke rambut Anda.

Haruskah Anda mengurai rambut saat basah atau kering?

Urai rambut sebelum keramas, saat kering, karena rambut paling rapuh saat basah. Rambut kita terdiri dari protein, yakni keratin, dan keratin terdiri dari asam amino, diikat oleh ikatan kimia salah satunya adalah hidrogen. Ikatan khusus ini mudah putus oleh air dan panas, jadi ketika rambut basah, rambut lebih elastis, tetapi juga lebih rapuh dan mudah patah.

Kerusakan inilah yang ingin dihindari, sehingga lebih baik menyisir ‘dari ujung, ke atas, menggunakan sedikit pelembab atau minyak rambut untuk membantu prosesnya. Namun jika Anda harus menyisir rambut dalam keadaan kering, Anda bisa menambahkan pelembab atau minyak rambut sehingga kelembaban rambuat Anda lebih terjaga. Selalu sisir rambut Anda menggunakan jari terlebih dahulu, sebelum Anda menggunakan sisir. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan sisir dengan jarak gigi yang lebar sehingga tidak merusak rambut Anda atau membuatnya kusut.

Baca Juga :

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Rambut Keriting Kamu Sering Kusut? Segera Atasi Dengan Cara Ini Untuk Menghindari Rambut Kusut Kamu

Yuk Bikin DIY Kondisioner Untuk Mengatasai Masalah Rambut Keriting!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika