Keluarga Kerajaan Inggris tidak pernah lepas dari sorotan publik, mulai dari agenda resmi kerajaan, berita kehidupan pribadi, sampai fashion yang dikenakan setiap hari. Tapi, tahukah kamu, ada beberapa aturan berpakaian tertentu yang harus ditaati oleh setiap anggota keluarga kerajaan. Penasaran apa saja aturannya? Simak daftar berikut:

  1. Keluarga Kerajaan Inggris tidak boleh menggunakan celana jeans

Anggota Keluarga Kerajaan Inggris hanya boleh mengenakan jeans saat menghadiri acara santai saja. Misalnya, Meghan mengenakan jeans saat menghadiri acara polo. Mereka juga hanya diperbolehkan memakai jeans saat sedang berjalan-jalan dengan anjingnya, misalnya, atau saat melakukan hal lain yang memerlukan penampilan kasual.

  1. Anak laki-laki harus selalu memakai celana pendek

Sampai mereka dianggap cukup dewasa, anak laki-laki dari keluarga kerajaan hanya boleh memakai celana pendek. Aturan ini disebut “breeching“. Anak laki-laki harus memakai celana pendek sampai berumur 8 tahun, kemudian mereka diperbolehkan memakai celana panjang setelahnya. 

Sepertinya, aturan ini memiliki kaitan dengan sebuah fakta yang menunjukkan bahwa bagi bangsawan, celana panjang dianggap sebagai “kelas menengah”.

  1. Keluarga Kerajaan Inggris harus selalu mengenakan pakaian hitam

Setiap kali bepergian, keluarga kerajaan harus membawa item pakaian di dalam bagasi mereka. Alasan di balik aturan ini cukup menyedihkan, keluarga kerajaan harus bersiap jika ada anggota keluarga yang meninggal. 

Latar belakang dibuatnya aturan ini adalah pada tahun 1952, Ratu Elizabeth II berada di Kenya ketika dia mendengar ayahnya meninggal, dan setelah kembali ke London, dia harus menunggu pakaian berkabung dikirimkan kepadanya sebelum dia bisa keluar dari pesawat. Karena, keluarga kerajaan tidak diperbolehkan keluar di harapan publik dengan pakaian yang kurang pantas. 

  1. Keluarga kerajaan tidak boleh memakai sepatu dengan ujung terbuka

Sepatu ujung terbuka dianggap terlalu informal untuk para bangsawan. Saat keluar di hadapan publik untuk mewakili keluarga, atau bahkan menghadiri acara resmi, mereka harus selalu mengenakan sepatu tertutup.

  1. Warna rambut harus tetap alami

Rambut bangsawan harus selalu warna natural. Keluarga kerajaan tidak boleh mewarnai rambut dengan warna-warna mencolok atau bereksperimen dengan tren warna dunia mode. Selain itu, rambut juga harus dirawat dengan baik dan ditata dengan rapi setiap saat. 

  1. Wanita tidak bisa melepas mantel 

Wanita di kerajaan yang melepas mantel dianggap tidak seperti wanita. Itulah mengapa kamu tidak akan pernah melihat Duchess of Cambridge Kate Middleton, melepaskan mantelnya. Jika mereka merasa kepanasan dan ingin melepas satu lapis mantelnya, maka mereka harus menjauh dari jangkauan kamera, baru mereka boleh melepas mantel. 

  1. Sarung tangan adalah item wajib

Kamu akan selalu akan melihat ratu mengenakan sarung tangan saat dia keluar. Dan itu hal yang bagus, terutama di tengah pandemi. Meskipun dulunya sarung tangan adalah tradisi yang akan hilang seiring berjalannya waktu, tetapi tetap saja sema wanita di kerajaan harus memakai sarung tangan. Bahkan, saat ini, sang ratu menjaga tradisi itu tetap hidup, karena sarung tangan juga bisa melindungi diri dari kuman.

  1. Ratu Inggris harus memakai pakaian dengan warna cerah

Alasan mengapa Ratu Inggris harus memakai pakaian berwarna cerah adalah karena dia harus selalu menonjol di tengah kerumunan. Dengan cara ini, ketika dia dilihat oleh orang-orang, maka orang akan langsung tahu bahwa dirinya adalah Ratu. 

  1. Tidak semua orang boleh memakai tiara

Tidak semua wanita lajang di keluarga kerajaan bisa memakai tiara. Terkadang, bagaimanapun, ratu hanya meminjamnya, itulah yang dia lakukan untuk pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Meski begitu, bukan berarti Meghan bisa menggunakan tiara kapan pun dia mau. Tiara disediakan untuk wanita yang menikah atau lahir sebagai putri. Setelah menikah, mereka hanya bisa memakainya ke acara tertentu.

Baca Juga :

Wawancara Pertama Kate Middleton Setelah Jadi Keluarga Kerajaan Inggris

Wah, 8 Selebriti Ini Ternyata Dapat Kehormatan Kerajaan Inggris!

7 Keluarga Bangsawan yang Bekerja Seperti Orang Biasa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Aturan Pakai Pakaian Dalam yang Sering Dilanggar

Pilihan pakaian dalam tidak kalah pentingnya dengan pakaian