Tahukah kamu? Otot bagian mana yang paling aktif di tubuh kita? 

Menurut Guinness World Records, mata kita bergerak lebih dari 100.000 kali dalam sehari, loh! Tetapi semua aktivitas atau pergerakan ini tidak membantu mata kita untuk tetap sehat dan tampaknya justru bisa membuat penglihatan makin buruk dari waktu ke waktu. 

Ada beberapa kebiasaan yang umum dilakukan manusia di mana kebiasaan tersebut menyebabkan penglihatan memburuk, bahkan menyebabkan berbagai penyakit mata. Berikut adalah daftar kebiasaan yang harus kamu hentikan demi kesehatan mata yang lebih baik :

  1. Tidak mengonsumsi makanan bernutrisi

Demi menjaga kesehatan mata, nutrisi dari dalam juga sangat diperlukan. Kamu sangat membutuhkan sumber makanan hijau dan makanan kaya vitamin A, vitamin C, lutein, dan beta karoten. Nutrisi tersebut penting untuk kesehatan mata dan membantu melindungi mata kita dari penyakit yang merusak penglihatan.

  • Beta karoten dapat ditemukan pada wortel, ubi jalar, bayam, kangkung, labu butternut.
  • Lutein dan Zeaxanthin ada pada bayam, kangkung, lobak hijau, dan labu.
  • Asam Lemak Omega-3 dapat ditemukan pada salmon, mackerel, herring, suplemen minyak ikan, biji rami yang baru digiling, kenari.
  • Vitamin A ada pada hati sapi atau ayam, telur, mentega, susu.
  • Vitamin C terdapat pada paprika manis (merah atau hijau), kangkung, stroberi, brokoli, jeruk, melon.
  1. Terlalu lama berada di depan komputer

Banyak karyawan yang bekerja di depan komputer tidak meluangkan waktu untuk istirahat. Padahal, kita tidak boleh terlalu lama berada di depan komputer atau layar elektronik lainnya. Mata membutuhkan istirahat selama 15 menit sekali atau paling sedikit dua kali dalam sehari. 

  1. Tidak melatih mata

Selain otot badan kamu, otot mata juga perlu olahraga, loh. Senam mata atau olahraga mata disebut-sebut dapat memberikan manfaat yang luar biasa jika dilakukan dengan benar dan dengan rutin. Senam mata setiap hari dapat membantu kita menjaga kesehatan dan penglihatan mata agar tetap optimal. 

  1. Kurang tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting bagi tubuh kita. Tidak hanya baik untuk mata dan jantung tapi untuk semua organ. Tahukah kamu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah penglihatan? Untuk mencegahnya, maka kamu harus tidur setidaknya selama 5 jam agar mata kamu tetap sehat. Jika kamu kurang tidur, maka kamu dapat mengalami mata kering, mata merah, gatal, penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya, bahkan kelopak mata kejang, atau miokimia.

  1. Merokok

Tahukah kamu? Merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru dan jantung tetapi juga buruk bagi kesehatan mata. Para perokok memiliki risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami kebutaan di masa tua. Orang yang merokok juga berisiko terkena penyakit katarak sekitar 2 kali lipat lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Wanita yang merokok selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko bayi mereka mengalami mata juling dan penyakit yang berpotensi membutakan. 

  1. Menatap matahari

Jika kamu perhatikan, orang-orang cenderung khawatir pada sinar UV yang dapat merusak kulit, sehingga mereka berbondong-bondong untuk membeli sunscreen. Tapi, hal yang menarik adalah, hanya sedikit orang yang menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas di bawah sinar matahari. 

Jika kamu keluar rumah di saat cuaca terik dan tidak menggunakan kacamata pelindung, maka konsekuensinya bisa parah. Kamu akan berisiko terkena fotokeratitis, pterigium, katarak, degenerasi makula, dan bahkan kanker mata. 

  1. Menghindari membaca, bekerja, atau menonton TV dalam kegelapan

Kamu pasti kerap mendengar bahwa beraktivitas dalam kegelapan adalah hal buruk bagi mata. Tapi, bagaimana jika fakta tersebut justru sebaliknya? Dokter meyakinkan kita bahwa membaca atau menonton TV dalam kondisi cahaya redup tidak akan merusak penglihatan kita. Para peneliti membandingkan mata kita dengan kamera. Apakah mengambil gambar di ruangan yang kurang cahaya akan merusak kamera kamu? Tidak kan?

Baca Juga :

“Katanya” Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat? Cek Kebenarannya Disini!

Tips Makeup Bagi Wanita yang Memakai Kacamata

Kacamata Hitam Ceria Untuk Musim Panas! Ini Model Terbaik Untuk Setiap Bentuk Wajahmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Olahraga

Tahukah kamu? Kebiasaan yang kamu lakukan sebelum berolahraga