Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semua orang setuju dan mengamini pepatah tersebut. Faktanya, pepatah sederhana itu berlaku untuk penyakit apa pun dan bisa sangat berguna jika gejala penyakit tidak dikenali dengan benar.

Berikut adalah informasi penting bagi kamu berupa gejala krusial yang mungkin terjadi satu bulan (atau bahkan lebih awal) sebelum seseorang mengalami serangan jantung. 

Sedikit lebih perhatian dan sadar akan kesehatan tidak akan pernah merugikan kamu. Perhatikan baik-baik jika kamu mengalami tanda-tanda ini:

  1. Kelelahan

Kelelahan yang tidak biasa adalah salah satu gejala utama yang mengindikasikan serangan jantung yang akan datang. Gejala ini lebih banyak muncul pada wanita daripada pria.

Deskripsi Gejala :

Gejala ini cukup jelas dan tidak luput dari perhatian. Terkadang terasa melelahkan hanya untuk melakukan tugas-tugas sederhana, seperti merapikan tempat tidur atau mandi.

  1. Sakit perut

Sakit perut, mual (perut terasa kosong atau penuh), rasa kembung, atau gejala sakit perut lain merupakan tanda paling umum. Gejala ini terjadi pada wanita dan pria.

Deskripsi Gejala : 

Sakit perut sebelum serangan jantung memiliki sifat episodik. Artinya, gejala ini mereda dan kemudian kembali dalam waktu singkat. Jika dikombinasikan dengan ketegangan fisik, gejala ini bisa memburuk. 

  1. Insomnia

Insomnia juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke, yang lebih sering terjadi pada wanita. Ciri-ciri insomnia sering kali terikat dengan rasa cemas.

Deskripsi Gejala : 

Gejala ini berupa kesulitan memulai tidur, kesulitan mempertahankan tidur, dan kesulitan untuk bangun pagi.

  1. Sesak napas atau Dispnea

Dispnea atau sesak napas adalah gejala kuat di mana kamu tidak bisa menarik napas dalam-dalam. Ini sering terjadi di antara pria dan wanita hingga 6 bulan sebelum mengalami serangan jantung. Gejala ini adalah tanda dari masalah kesehatan yang serius.

Deskripsi Gejala :

Merasa tidak mendapatkan cukup udara, merasa pusing, dan mengalami sesak napas.

  1. Rambut rontok

Kerontokan rambut dianggap hanya sebagai indikator dari risiko penyakit jantung. Kerontokan rambut kerap dialami pria di atas 50, tetapi beberapa wanita juga mungkin mengalaminya. 

Deskripsi Gejala : 

Perhatikan baik-baik rambut rontok dari ubun-ubun kepala.

  1. Detak jantung tidak teratur

Detak yang terlewat atau aritmia sering kali disertai dengan serangan panik dan kecemasan, terutama di kalangan wanita. Gejala ini muncul secara tidak terduga dalam wujud aritmia (detak jantung tidak teratur) atau takikardia (peningkatan detak jantung). 

Deskripsi Gejala : 

Detak jantung tidak teratur berlangsung selama 1-2 menit. Jika tidak memudar, kamu mungkin akan merasa pusing dan merasa sangat lelah. Segera hubungi dokter saat kamu mengalami gejala ini.

  1. Keringat berlebihan

Keringat yang tidak biasa atau berlebihan, adalah tanda peringatan dini serangan jantung. Ini mungkin bisa terjadi kapan saja, siang atau malam. Gejala ini lebih sering menyerang wanita dan biasanya dikacaukan dengan hot flashes atau keringat malam akibat dari menopause.

Deskripsi Gejala : 

Gejala ini seperti flu, di mana kulit berkeringat, atau berkeringat yang terjadi terlepas dari suhu udara atau aktivitas fisik. Berkeringat lebih banyak di malam hari, sampai-sampai seprai lembap di pagi hari.

  1. Nyeri dada

Pria dan wanita mengalami nyeri dada dalam intensitas dan bentuk yang berbeda. Pada pria, gejala ini mengacu pada tanda awal terpenting dari serangan jantung yang akan datang yang tidak boleh diabaikan. Di sisi lain, gejala ini hanya mempengaruhi sekitar 30% wanita.

Deskripsi Gejala : 

Nyeri dada dapat meluas menjadi sensasi tidak nyaman di satu atau kedua lengan (lebih sering di lengan kiri), rahang bawah, leher, bahu, atau perut. Ini mungkin bersifat permanen atau sementara.

Jika kamu menemukan satu atau lebih dari tanda di atas, segera konsultasikan ke dokter dan ubah pola hidup dan pola makan kamu agar lebih baik dan lebih sehat. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga :

Alasan Mengejutkan Mengapa Kamu Lebih Beresiko Terkena Serangan Jantung

Makanan yang Merawat Jantung dan Mengurangi Resiko Serangan Jantung

4 Hal Mengejutkan yang Memengaruhi Kesehatan Jantung

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

Astrologi dapat membantu kamu menemukan hampir semua hal,