Coba kamu jumlahkan berapa jam dalam sehari kamu menggunakan smartphone. Mungkin 10 tahun yang lalu, orang-orang bisa tahan hanya dengan menatap layar smartphone selama 1 sampai 2 jam dalam sehari. Tapi saat ini, hampir mustahil rasanya untuk lepas dari dunia kecil ini.

Pernahkah kamu berpikir, kira-kira apa yang akan terjadi ketika kamu meninggalkan smartphone dalam waktu satu minggu? Artinya, kamu benar-benar tidak diperkenankan untuk memegang dan menggunakan smartphone selama satu minggu penuh.

Ternyata ada beberapa hal yang kemungkinan besar akan terjadi pada seseorang ketika mereka mulai menjalani hidup tanpa smartphone, setidaknya selama satu minggu penuh:

  1. Awalnya merasa fobia karena tidak memegang smartphone

Orang yang kecanduan smartphone bisa merasa tertekan dan marah ketika tidak bisa mengaksesnya. Itulah yang diungkapkan sebuah penelitian. Rasa tertekan atau cemas ini sama seperti yang kamu rasakan ketika kamu lupa dan meninggalkan smartphone di rumah saat pergi keluar.

Ternyata rasa cemas atau fobia saat tidak dapat mengakses smartphone disebut sebagai nomophobia. Pada dasarnya, ini adalah kondisi psikologis ketika orang takut terlepas dari ponselnya. Sepertinya kamu terlepas dari dunia ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengalami nomophobia saat smartphone kamu mati, atau smartphone kamu rusak. Berikut adalah beberapa gejala nomophobia:

  • Kecemasan
  • Ketakutan
  • Panik
  • Kesepian
  • Perubahan pernapasan
  • Gemetar
  • Berkeringat
  1. Mengalami mual dan sakit kepala

Gejala mual dan sakit kepala adalah efek dari kecanduan. Ketika kamu terikat dengan sesuatu kemudian ikatan tersebut hilang secara tiba-tiba, kamu akan mengalami efek penarikan. Saat kamu dibatasi dari sesuatu yang kamu andalkan, kamu bisa mengalami perubahan suasana hati dan perilaku. Efek yang sama terjadi saat kamu lepas dari smartphone, tetapi ini hanya terjadi di awal saja kok.

Memang, situasi ini bisa menjadi tak tertahankan bagi orang-orang yang bermain game di smartphone. Karena game dapat meningkatkan hormon dopamin, sehingga harga diri seseorang bisa meningkat karenanya. Untuk itu, bila tidak main game, orang bisa mengalami gejala penarikan yang lebih parah. 

  1. Menghargai kesederhanaan 

Karena kamu terbiasa hidup serba instan dengan bantuan smartphone, maka kamu kurang menghargai teknologi sederhana, atau menghargai “kesederhanaan” secara umum. 

Belum lama ini, orang merasakan betapa praktisnya kehidupan ketika yang dibutuhkan hanya 1 smartphone saja, alih-alih puluhan kartu. Dan semua orang sangat menikmati kemudahan ini. 

Memang kemudahan itu sangat bermanfaat dan membuat hidup kamu jauh lebih praktis. Tapi saat kamu terputus dari smartphone, kamu dapat mulai menganalisis berbagai hal sederhana dan mulai menikmati kenyamanan pada hal-hal kecil.

  1. Mulai merasa lega

Setelah berjuang melawan kecanduan, ada kebaikan yang kamu dapatkan, yaitu kelegaan. Lambat laun, kelegaan datang menghampiri kamu. 

Ya, kamu mungkin merasa terisolasi untuk pertama kalinya, tetapi kemudian kamu akan terbiasa dengan kondisi baru tanpa smartphone ini. 

Seorang pria mengadakan percobaan dan tinggal selama satu minggu tanpa smartphone, dan inilah yang dia katakan di akhir pengalaman: “Apakah saya benar-benar terisolasi? Atau saya hanya mengambil kembali kendali atas hidup saya?”

Ternyata tanpa smartphone, orang mulai berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi mereka. Seketika, membaca buku serta surat kabar bisa membawa kesenangan besar dalam kehidupan tanpa smartphone.

  1. Tidur lebih nyenyak

Otak kita sangat sensitif terhadap cahaya, dan cahaya biru dari smartphone dapat menunda produksi melatonin. Akibatnya, kekurangan melatonin bisa membuat kamu sulit tidur. 

Itulah mengapa, saat kamu meninggalkan smartphone, kamu akan mendapatkan tidur yang normal, lebih nyenyak, dan lebih berkualitas. 

Selain itu, diketahui bahwa tidak menggunakan smartphone di kamar tidur dapat meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup. Suasana hati kamu menjadi lebih baik dan dunia mulai terasa berkilau dengan warna-warna baru.

Baca Juga :

8 Tips Agar Smartphone Kamu Awet Sampai Bertahun-tahun

5 Produk Disinfektan Khusus Untuk Smartphone Kamu

5 Kesalahan Penggunaan Smartphone yang (mungkin) Setiap Hari Kamu Lakukan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

Astrologi dapat membantu kamu menemukan hampir semua hal,