Salah satu perasaan paling membahagiakan di dunia adalah saat di mana kamu membeli smartphone baru dan hari pertama kamu menggunakan smartphone baru. Tentu saja kita membeli smartphone dengan tujuan agar dapat menggunakannya dengan lancar dan juga menginginkan smartphone yang dibeli awet sampai bertahun-tahun. 

Tapi terkadang, harapan itu bisa pupus ketika smartphone digunakan dengan asal-asalan terlebih dalam intensitas penggunaan yang sangat tinggi. Untuk itu, berikut ini ada tips untuk kamu supaya smartphone kamu tetap awet dan sehat :

  1. Bersihkan debu dari port pengisian daya 

Gunakan tusuk gigi untuk mengikis bagian dalam port pengisian daya dengan lembut. Coba gunakan juga brush kecil untuk membersihkan sekitar port dan menghilangkan debu di dalam sana. Setelah debu terkikis, kamu bisa goyangkan smartphone kamu agar debu keluar. 

  1. Jangan gunakan bantalan dan keset mobil

Alas dan bantalan dasbor antiselip tidak memberikan jaminan nyata bahwa smartphone kamu tidak akan jatuh saat kamu gunakan di mobil. Masih ada kemungkinan smartphone akan jauh di tikungan yang kamu lalui dengan kecepatan tinggi. Situasi seperti ini tentu dapat sangat merusak smartphone kamu, atau lebih buruk lagi, dapat menghancurkan smartphone sepenuhnya.

  1. Keluarkan air dan debu dari speaker 

Apakah kamu pernah secara tidak sengaja menjatuhkan smartphone ke dalam air?  Tentu kamu akan sangat frustrasi saat itu terjadi. Namun ada juga kasus orang-orang yang bisa menyelamatkan smartphone mereka dari kontak dengan air, loh. Tetapi apakah suara yang keluar dari speaker masih sama? Tentu tidak. 

Air mungkin masih terperangkap di speaker. Mayoritas orang akan menggunakan beras untuk mengeringkan smartphone mereka, tetapi kami memiliki cara yang lebih efisien untuk melakukannya. Selain dengan cara yang konvensional, kamu juga bisa mengunduh aplikasi untuk membantu kamu mengeluarkan air dari speaker, loh.

Aplikasi ini akan memainkan suara khusus yang memeras semua air agar keluar dari speaker. Hal yang sama bekerja dengan debu, dan jika kamu melakukannya secara teratur untuk menjaga speaker kamu tetap dalam kondisi prima.

  1. Bawa smartphone kamu ke layanan garansi secara teratur

Spesialis di toko dan pusat layanan resmi akan mendiagnosis masalah pada smartphone kamu dan akan memperbaiki kerusakan internal atau eksternal yang mungkin terjadi. Jangan sampai kamu rugi karena tidak memanfaatkan masa garansi, ya! Kunjungilah gerai garansi dengan rutin dan cek smartphone kamu.

  1. Jangan meletakkan smartphone di saku belakang

Mengapa tidak boleh? Alasannya sederhana saja. Kamu mungkin lupa bahwa kamu meletakkannya di saku belakang, dan bisa saja kamu duduk lalu menghancurkan smartphone kamu. Tentu saja kamu tidak boleh membiarkan kecerobohan semacam ini menghancurkan smartphone kamu.

  1. Matikan Bluetooth jika tidak digunakan

Bluetooth adalah alat yang sangat berguna, tetapi juga bisa berbahaya. Sebaiknya kamu menonaktifkan bluetooth saat kamu tidak menggunakannya. Karena dengan demikian, kamu akan memblokir semua jenis unduhan berbahaya yang mungkin akan datang.

  1. Isi daya smartphone kamu sebelum baterainya benar-benar habis

Tidak ada yang salah dengan menggunakan smartphone sampai baterainya 0% alias mati. Tetapi jika hal itu sering terjadi, smartphone kamu tidak akan awet. Setiap smartphone memiliki jumlah siklus pengisian daya tertentu. Usahakan untuk isi daya sebelum smartphone kamu mati. 

  1. Perbarui perangkat lunak kamu secara teratur

Banyak orang yang cenderung malas memperbaharui aplikasi, karena dianggap membuat smartphone menjadi lambat, dsb. Padahal, ini adalah pembaruan penting yang digunakan untuk menghilangkan beberapa bug yang mungkin kamu temui. Jadi update aplikasi akan membuat smartphone kamu berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

Baca Juga :

5 Produk Disinfektan Khusus Untuk Smartphone Kamu

5 Kesalahan Penggunaan Smartphone yang (mungkin) Setiap Hari Kamu Lakukan

Semakin Sering Lupa dan Ceroboh? Hati-hati! Mungkin Penyebabnya Adalah Smartphone Kesayanganmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Aneh Tapi Efektif untuk Menyimpan Makanan

Setiap orang pasti punya waktu tertentu untuk membeli