Tahukah kamu? Para miliarder dan pemeran utama di dalam dunia bisnis modern bukan hanya keturunan orang kaya atau hanya sebatas orang yang beruntung saja. Mereka adalah orang-orang yang terpelajar, sederhana dan pekerja keras. Status sosial mereka tidak dibuktikan dengan kemewahan, tetapi dengan besarnya sumbangan mereka bagi dunia.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari mereka yang berhasil meraih sukses dengan kerja keras mereka sendiri. Berikut beberapa prinsip para miliarder yang bisa kamu contoh agar kamu bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka : 

  1. Temukan dan tentukan tujuan kamu

Tujuan hidup kamu adalah hal yang paling penting untuk ditemukan sebelum berjuang menuju kesuksesan. Adalah tujuan, pikiran, dan impian kita yang dapat membantu kita tetap semangat hidup dan membuat keputusan yang tepat ketika segala sesuatu terasa berat dan kacau. Tujuan kamu harus spesifik. Misalnya, kamu suka membuat kue dan ingin terus melakukannya, dan akan menyenangkan melakukannya sembari mendapatkan uang. 

  1. Buat rencana dan ikuti rencana kamu

Bagaimana kamu akan melakukan perjalanan keliling dunia? Jenis transportasi apa yang akan kamu gunakan? Bagaimana rute perjalanan kamu? Kapan kamu akan mulai? Kebiasaan merencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang membantu mengidentifikasi kelemahan dan tugas utama yang perlu difokuskan. 

Mungkin saja dalam perjuangan menyusun rencana, kamu menemukan hal menarik. Misalnya, ternyata tujuan kamu bukan bekerja keras untuk membeli tiket keliling dunia tetapi kamu ingin mencari teman yang berpikiran sama untuk backpacker dengan menumpang sampai kamu bisa keliling dunia.

  1. Jangan menahan diri

Apakah kamu pernah mendengar tentang kecerdasan emosional? Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk tidak menekan emosi, tetapi untuk mengelola emosi. Dengan kata lain, kecerdasan emosional adalah sebuah kemampuan untuk menampilkan emosi yang sesuai demi membantu mencapai kesuksesan. 

Selain itu, emosi yang tertekan justru dapat memperburuk kesehatan fisik. Oleh karena itu, jangan malu untuk menunjukkan perasaan dan emosi kamu yang sebenarnya. 

  1. Cintai apa yang kamu lakukan

Jika kamu tidak terobsesi dengan bisnis kamu sendiri atau tujuan yang kamu tuju, maka jalan menuju kesuksesan akan panjang dan melelahkan dan kemungkinan besar tidak ada habisnya. Passion tidak bisa dibangkitkan dengan sengaja dan jika kamu tidak mencintai pekerjaan kamu, sulit untuk mengubah sikap kamu itu. Tanyalah pada diri kamu sendiri, apa yang sebenarnya kamu sukai dan apa yang ingin kamu lakukan. Terdapat sebuah pepatah yang mengatakan “Jika kamu tidak menyukai apa yang kamu lakukan saat ini, berarti kamu sedang membuang-buang waktu dalam hidup”

  1. Tetapkan prioritas

Kamu tidak mungkin berhasil dalam segala hal dan tidak bisa melakukan semua hal secara bersamaan. Kamu memerlukan sebuah prioritas. Kegiatan atau pekerjaan mana yang paling penting, carilah itu dan fokuslah untuk kegiatan terpenting bagi kamu. 

Kebiasaan menentukan skala prioritas dapat bermanfaat bagi kamu. Tiidak hanya dalam pekerjaan tetapi juga dalam aspek kehidupan lainnya. Jika kamu memiliki banyak hal yang harus dilakukan, jangan mencoba melakukan semuanya sekaligus – fokuslah pada satu hal. Keinginan untuk sukses dalam segala hal tidak hanya akan menyebabkan kegagalan tetapi juga akan menghabiskan energi kamu.

Singkatnya, jika kamu memutuskan untuk menghabiskan malam bersama keluarga, jangan terganggu oleh pekerjaan atau teman-teman kamu, tapi fokuslah menikmati waktu bersama keluarga. 

  1. Jangan mempersulit diri sendiri

Kemajuan teknologi telah membuat banyak hal menjadi mudah. Kamu bisa melakukan apa saja hanya dengan satu alat yaitu gadget atau smartphone. Kamu bisa belanja, bisa memesan makanan, bisa membayar tagihan, dan sebagainya. Jangan mempersulit diri kamu sendiri dalam hal apa pun dan jangan berusaha untuk menyenangkan semua orang. Jika ada hal yang simpel kenapa harus dibuat ribet.

  1. Tolak stereotip dan prioritas orang lain

Banyak orang mengatakan hal-hal seperti, “Tempat wanita itu ya di dapur!”, “Pria sejati itu tidak boleh menangis!”, “Dalam hidup ini kita butuh anak dan cucu untuk teman di hari tua.”, dan masih banyak stereotip lain yang tersebar di luar sana. 

Semua stereotip lain tidak hanya merusak persepsi kita tentang kenyataan, tetapi juga menghalangi kita dari kehidupan yang lebih baik, dari tujuan utama dan impian kita dan dari kebahagiaan kita.  Setiap orang memiliki keyakinan, impian dan tujuan hidup yang berbeda.

Keinginan untuk menjadi berbeda dari orang lain itulah yang membantu banyak miliarder bisa sukses seperti sekarang ini. Ketika dipandu oleh opini dan stereotip orang lain, maka kamu akan sulit untuk melangkah melampaui batas demi mencapai kesuksesan.

Baca Juga :

Prinsip Diet dan Berhemat: Turun Berat Badan Sekaligus Menyelamatkan Isi Kantong

Prinsip Keuangan yang Wajib Kamu Miliki Yaa Sist

5 Prinsip Berpacaran Dewasa yang Bisa Membawamu Mengerti Arti Hubungan Cinta Sebenarnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Headphone

Dokter memiliki aturan yang disebut dengan aturan “60-60”.