Satu tahun belakangan ini, pengguna internet meningkat pesat akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang untuk bekerja dari rumah alias work from home. Masyarakat berbondong-bondong untuk memasang wifi demi kemudahan akses internet bagi seluruh keluarga. 

Sangat disayangkan, maraknya pemasangan wifi terkadang berdampak pula pada kecepatan internet. Ketika  kecepatan internet di rumah sudah mulai lemah, pekerjaan pun terganggu dan membuat semua orang menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi sinyal wifi yang lemah, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Periksa kecepatan Internet

Pertama, jalankan tes kecepatan Internet. Kamu bisa mengunduh aplikasi speed test atau mengakses web pemeriksa kecepatan internet secara gratis. Ini adalah hal yang perlu dilakukan agar kamu dapat memastikan apakah kamu sudah mendapatkan kecepatan internet yang sesuai dengan nominal yang kamu bayarkan. 

  1. Pindahkan router

Penempatan router sangat penting untuk mendapatkan sinyal yang baik. Cobalah untuk meletakkan router di lokasi sentral di rumah, yang tidak terhalang oleh dinding, lemari es, atau elektronik lainnya. Jangan meletakkan router di sudut rumah atau di dalam ruangan sempit, karena itu bisa mengurangi kecepatan internet.

Memberi ruang yang cukup bagi router untuk bisa “bernafas” akan memungkinkan kamu mendapatkan sinyal dan kecepatan internet yang lebih baik. 

Jika tak yakin dengan penempatan router, kamu bisa mengunduh aplikasi yang akan membantu kamu untuk menemukan lokasi terbaik agar mendapatkan sinyal yang terbaik pula. 

  1. Sesuaikan antena pada router

Katakanlah router kamu memiliki 2 antena. Apa kamu sudah memastikan arah mana yang terbaik untuk menempatkan mereka? Pada dasarnya, jika kamu mengatur antena untuk duduk secara vertikal, sinyal akan menyebar secara horizontal. Dan jika antena mengarah secara horizontal, sinyal akan dipancarkan secara vertikal.

Jadi, peletakan arah antena benar-benar tergantung pada situasi kamu. Jika rumah atau kantor kamu berlantai satu, keputusan terbaik adalah menempatkan antena secara vertikal. Nah, jika kamu membutuhkan jangkauan Wifi di lantai atas, maka kamu perlu mengarahkan antena pada sudut 30°.

  1. Lindungi Wifi kamu dari penumpang wifi 

Berbagi adalah hal yang baik, tapi jika kamu terus membagikan wifi kamu kepada orang lain, maka kamu sendiri yang akan rugi. Pastikan kamu mengganti kata sandi secara rutin, agar tidak terhindar dari penggunaan wifi yang tidak perlu. Karena, semakin banyak perangkat yang menggunakan wifi kamu, maka kecepatan dan kestabilan internet pun akan melemah.

Jika kamu merasa wifi kamu terus dibobol oleh perangkat-perangkat penumpang, maka kamu bisa memblokir IP Address mereka agar tidak bisa lagi mengakses internet dengan wifi kamu. 

  1. Perbarui firmware rotuter

Memperbarui firmware router adalah treatment penting yang harus kamu lakukan secara teratur. Dengan fitur-fitur baru, kamu tidak hanya mendapatkan peningkatan kinerja wifi tetapi juga pembaruan sistem keamanan yang penting. Bagaimana cara memperbaharuinya? Itu sangat tergantung pada router yang kamu gunakan. 

Beberapa router lama mengharuskan kamu membuka situs web mereka dan mengunduh firmware secara manual. Tapi beberapa sudah dibekali dengan fitur yang memungkinkan kamu memperbaharui firmware hanya dengan menekan tombol pembaharuan. 

Baca Juga :

Hal yang Diajarkan Hubungan Jarak Jauh

Kalo Gak Ada Perempuan, Benda-benda Ini Gak Akan Pernah Ada. Selamat Hari Perempuan Internasional!

Yuk, Cari Tahu Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan Seorang Beauty Vlogger

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran