Kita akan mendapatkan tenaga dan juga nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan. Walaupun makanan dapat membuat tubuh menjadi sehat dan juga bertenaga, ttapi jika kamu sampai salah memilih makanan, bisa saja kamu mengalami keracunan makanan. Keracunan makanan dapat terjadi pada siapapun dan dimanapun juga. Saat sedang keracunan makanan, biasanya seseorang akan mengaami gejala muntah, mual, dan juga diare. Hal ini jika dibiarkan dan tidak ditangani akan mengakibatkan risiko yang lebih parah. Jika kamu mengaami hal ini, kamu harus segera mengatasinya dengan beberapa cara alami. Inilah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk untuk mengatasi keracunan makanan, antara lain :

  1. Jahe

Cara alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keracunan makanan adalah jahe. Rempah yang sering digunakna untuk bumbu masakan ini ternyata bisa kamu gunakan untuk mengatasi keracunan makanan. Siapkan jahe yang sudah diparut,setelah itu kamu bisa merebusnya dengan menggnakan air mineral sampai mendidih.jika sudah mendidih kamu bisa menghidangkannya dengan menambahkan gula atau madu, tapi sebelum itu kamu harus menyaringnya untuk mengambil ampas jahe. Dengan meminum ini, pasti akan membantu proses pencernaan serta dapat meringankan gejala mual dan juga muntah.

  1. Air dan Oralit

Cara alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keracunan makanan adalah air dan oralit untuk mencegah dehidrasi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa keracunan makanan mempunyai gejala mual, muntah, dan diare. Jika kamu mual, muntah, dan diare, maka tubuh kamu akan mengalami dehidrasi. Apabila dibiarkan terus-menerus maka dapat membahayakan nyawa kamu. sehingga agar kamu tidak mengalami dehidrasi, kamu harus minum banyak air putih. Selain itu kamu juga harus minum oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dengan minum air dan juga oralit, maka tubuh kamu tidak akan mengalami dehidrasi.

  1. Activated Charcoal

Cara alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keracunan makanan adalah activated charcoal. Untuk Mengikat acun dan Membuangnya dari saluran pencernaan, kamu bisa menggunakan activated charcoal, karena tablet ini berfungsi mampu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Jadi saat seseorang mengalami keracunan makanan, bisa diatasi dengan menggunakan tablet ini. kamu bisa membelinya di apotek, dan minumlah sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Tetapi jika kamu bisa mengatasi keracunan makanan dengan air, orait dan juga jahe, kamu tidak perlu mengunakan activated charcoal.

Nah, inilah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keracunan makanan. Jika kamu memang mengalami gejala keracunan makanan seperti diatas, kamu harus segera mengatasinya. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama dan malah membahayakan nyawa kamu.

Baca juga Hati-hati, 7 Gejala ini Menunjukkan Sakit Kepalamu Bukan Pusing Biasa!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian