Komedo atau bintik hitam pada pori-pori kulit disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang menumpuk dipermukaan folikel kulit. Wajah kita memang memiliki kelenjar minyak untuk menjaganya tetap halus dan kenyal, namun beberapa hal seperti perubahan hormon dan infeksi bakteri dapat membuat produksinya jadi berlebih. Jika tidak sering di eksofoliasi, bintik-bintik hitam ini akan menjadi komedo yang banyak ditemukan di hidung, dagu, dahi, bahkan punggung dan bahu.

Kebiasaan mengeluarkan komedo dengan paksa menggunakan alat atau dipencet seperti jerawat bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Komedo yang tidak menyakitkan akhirnya berubah jadi jerawat infeksi yang bernanah dan perih. Lebih baik kamu menghilangkannya dengan cara-cara alami namun efektif seperti 3 masker perawatan wajah yang sangat mudah di bawah ini:

1. Masker DIY penghilang komedo

Bahan-bahan alami yang ada di dapurmu sebenarnya tidak kalah efektif dengan produk mahal yang dijual di toko-toko. Madu, baking soda dan garam ternyata bisa disulap menjadi masker penghilang komedo yang manjur. Antiseptik alami dari madu juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat dari pori-pori kulit yang sudah tidak tersumbat lagi.

Bahan-bahan:

1/2 sendok makan madu

1 sendok teh garam dapur

1 sendok teh baking soda

Cara membuat:

Campur semua bahan lalu usapkan ke wajah dengan gerakan berputar. Biarkan selama 5 menit lalu bilas wajah menggunakan air hangat. Setelah bersih akhiri dengan bilasan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

2. Perawatan intensif dengan madu

Madu adalah salah satu kekayan alam yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, untuk hasil yang maksimal kamu harus memastikan madu yang kamu gunakan adalah madu asli alami dan tidak diberi pemanis atau pewarna. Jika tidak, maka perawatan ini tidak akan membawa hasil maksimal

Bahan-bahan:

2 sendok makan madu alami asli

Cara Membuat

Hangatkan madu dengan cara mendiamkannya di dalam kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu (tidak perlu menyalakan api saat madu sudah dimasukkan). Aplikasikan madu hangat ke permukaan kulit yang berkomedo tipis-tipis dengan jari, biarkan selama 3 menit sambil ditepuk-tepuk dengan jari. Angkat madu dengan handuk hangat hingga bersih, lalu bilas dengan air biasa.

3. DIY pore pack komedo alami

Pore pack yang ditempelkan dihidung memang sangat praktis untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati. Namun, harganya juga lumayan hingga menggunakannya setiap hari bisa dibilang tidak ekonomis. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana ini.

Bahan-bahan:

1 sendok makan gelatin tanpa rasa

1/2 sendok makan susu segar tawar

Cara membuat:

Panaskan steamer atau kukusan (bisa menggunakan microwave jika ada, langsung saja microwave larutan selama 10-15 detik). Campur gelatin dan susu pada wadah keramik tahan panas lalu panaskan dalam kukusan hingga tercampur rata dan membentuk gel. Biarkan hingga hangat lalu segera oleskan pada wajah dengan merata sebelum mengental. Kamu bisa menggunakan stik kayu untuk es krim agar lebih mudah mengoleskannya. Masker gelatin akan mengeras setelah 2-3 menit, biarkan selama beberapa menit lagi lalu peel off seperti pore pack pada umumnya.

Baca juga Punya Komedo yang Membandel Pasti Mengganggu Kan? Yuk Berantas dengan Cara Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah