Olahraga amat penting dilakukan demi bisa menjaga kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat dari olahraga yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya dengan rutin. Biasanya banyak orang berolahraga kala hari masih pagi sehingga sekalian bisa menghirup udara segar. Namun tak jarang juga karena kesibukan maka olahraga pun akhirnya dilakukan saat malam hari. Sebetulnya olahraga malam hari itu boleh nggak sih? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Susah tidur

Ketika kamu melakukan olahraga yang sangat dekat sekali dengan waktu tidur, maka ini akan bisa berakibat kamu pun sulit tidur. Hal ini karena adrenalin dan juga suhu tubuh bisa naik sehingga menjadikan kamu akan sulit tidur. Bukannya ngantuk, kamu justru akan makin bersemangat. Jika demikian, maka pastinya waktu tidur kamu pun akan bisa berkurang dong. Apabila memang kamu tetap pengen olahraga malam, maka usahakan untuk melakukannya di awal waktu dan tidak dekat jam tidurmu. Selain itu jangan lakukan latihan yang memberatkan tubuh dan oilih jenis latihan yang menyenangkan dan santai.

 

Daya tahan tubuh berkurang

Olahraga di malam hari juga bisa menjadikan daya tahan tubuh menjadi berkurang. Kenapa? Ternyata tubuh bisa jadi kehilangan banyak energi tanpa istirahat yang cukup usai kamu beraktivitas seharian. Apalagi ketika intensitas olahraga yang kamu lakukan itu termasuk berat dan butuh tenaga banyak, maka efek ini akan makin terasa. Jika daya tahan tubuhmu berkurang, maka kamu pun akan mudah sekali terkena flu dan juga demam. Wah, jangan sampai deh!

 

Sesak napas

Perlu diketahui jika udara malam kandungan oksigennya lebih sedikit dibandingkan dengan udara ketika pagi ataupun sore, terutama di kawasan yang jarang tumbuh pohon. Itulah mengapa olahraga malam hari pun kurang baik untuk kesehatan. Tumbuhan justru memproduksi karbondioksida pada malam hari justru menjadikan kadar oksigen berkurang dan bisa jadikan kamu susah bernapas jika di dekat pohon. Jika sudah demikian, maka kamu akan mudah merasakan lelah dan capek karena aktivitas olahraga mau tidak mau membutuhkan banyak oksigen sehingga aliran darah dan napas menjadi lancar. Ketika kekurangan oksigen, kamu pun berpotensi untuk sesak napas.

 

Stres

Olahraga ketika dilakukan di waktu dan cara yang tepat akan bermanfaat juga untuk bisa melepaskan segala bentuk stres. Namun, berbeda jika kamu melakukannya dengan tidak tepat dimana olahraga justru bisa menjadi pemicu stres. Misalnya saja ketika kamu olahraga kala malam hari yang bisa jadikan adrenalin dan juga suhu tubuh naik sehingga melakukan pembakaran dalam beberapa jam ke depan bahkan usai olahraga dilakukan. Kondisi inilah yang bisa memicu stres, resah hingga tidak tenang usai olahraga selesai dilakukan. Situasi diperburuk dengan kamu yang tidak merasakan ngantuk usai olahraga sehingga pikiran seolah semakin tertekan.

 

Wah, ternyata olahraga sebelum tidur itu membahayakan ya. Jika memang kamu ingin olahraga malam, maka usahakan waktunya adalah setidaknya 2 jam sebelum tidur. Pemilihan intensitas olahraga juga harus kamu perhatikan dimana bukan termasuk olahraga yang keras dan memberatkan tubuh.

 

Baca Juga :

Ini Beberapa Olahraga Simple Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Minuman Terbaik Sebelum Tidur yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wajib Tahu! Inilah Bahayanya Jika Kamu Tidur Dekat dengan Ponsel

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Manfaat Tak Terduga Dari Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Kedelai hitam punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan.