Banyak proses penuaan yang tidak bisa dihentikan, tetapi kita semua pasti lebih memilih untuk bisa menua dengan lebih anggun dan lebih elegan. Kamu mungkin mengira bahwa tidur nyenyak, mengoleskan krim SPF untuk menghindari kerusakan oleh cahaya matahari, dan mengoleskan krim anti penuaan pada malam hari sebelum tidur adalah hal yang cukup. Namun, bagaimana seandainya kamu menemukan bahwa ternyata ritual pengolesan perawatan kulitmu sebenarnya adalah apa yang mempercepat proses penuaanmu?

Ini adalah hal-hal yang harus kamu waspadai karena bisa mempercepat proses penuaan.

Tidur dengan wajah menghadap bawah

Ketika kamu tidur dengan wajah yang menempel di Kasur, maka gravitasi menjadi menang. Dampak langsung dan segera bisa kamu rasakan, seperti mata yang bengkak dan menggembung seperti habis menangis. Ini diakibatkan karena gravitasi menarik cairan di wajahmu sehingga turun. Seiring waktu, tidur dengan wajah yang menempel di Kasur akan membuat wajahmu menjadi melorot sepenuhnya dan kolagen menjadi hilang. Jika kamu tidak ingin cepat tua, kamu tidak boleh tidur dengan wajah menempel di Kasur. Kamu harus berlatih untuk tidur telentang untuk mengurangi efek gravitasi pada wajahmu.

Tidak mencuci mukamu

Bagi cewek, bukan hal yang jarang buat lupa menghapus dandanan sebelum tidur. Padahal, ini adalah sebuah langkah yang tidak boleh kamu lewatkan. Mencuci mukamu sebelum tidur adalah sebuah langkah yang sangat esensial untuk menghilangkan debu, keringat, dan makeup sepanjang hari. Jika kamu berolahraga dan berkeringat, atau memiliki riasan, maka pori-porimu bisa tersumbat. Akibatnya, kamu bisa berjerawat makin banyak jika kamu tidak membersihkan mukamu. Sementara, jika kamu punya wajah yang berminyak, maka wajahmu akan jadi jauh lebih berminyak. Gunakan pembersih yang bisa mengeksfoliasi wajahmu dengan menyeluruh untuk benar-benar menghilangkan kotoran dan sumbatan pori-porimu. Dengan ini, kulitmu jadi siap untuk kembali menjadi segar dan beregenerasi pada malam hari.

Menggunakan terlalu banyak produk skin-care

Jika kamu menggunakan banyak sekali produk perawatan kulit dan tidak terlalu yakin penggunaan tiap produk secara pasti, ini bisa berbahaya bagi kulitmu. Misalnya,, produk-produk yang mengandung retinol digunakan untuk menghindari keriput, dan ketika dicampur dengan produk yang mengandung benzoyl eroxida untuk melawan jerawat, ini bisa membuat kulitmu kering dan meningkatkan iritasi. Ketika kulitmu kering dan teriritasi, maka adi nampak merah dan terinflamasi. Akibatnya, garis-garis halus di kulitmu jadi lebih terllihat. Karena itu, lebih baik pilihlah produk-produk yang kamu akrab saja dan memang efektif untuk tipe kulitmu.

Hati, hati yah dengan kebiasaanmu sehari-hari kalau tidak ingin cepat tua!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Perawatan Kulit Berminyak untuk Dipraktikkan Di Rumah

Kulit berminyak adalah hasil dari produksi sebum yang