Kamu mungkin menjaga smartphone-mu agar tetap dekat supaya kamu mendengar suara alarm atau telepon. Namun, smartphone kamu bukan teman tidur yang baik! Bahkan, smartphone-mu bisa berbahaya untuk kesehatan.

Berikut adalah 5 kesalahan paling umum yang dilakukan para pengguna smartphone (termasuk kamu) :

  • Tidur di Dekat Smartphone

Pada dasarnya, handphone adalah pemancar dan penerima elektromagnetik. Itu artinya, ia memancarkan gelombang radio. Meskipun belum terbukti, penelitian terus menunjukkan bagaimana gelombang dapat mempengaruhi otak kamu setelah kamu terpapar gelombang elektromagnetik selama berjam-jam. Jika tidak memungkinkan bagi kamu untuk mematikan atau meletakkan smartphone di ruangan lain saat kamu tidur, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat.

  • Terlalu Lama Terpapar Cahaya Biru

Cahaya dari layar kamu menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur kamu yang merupakan alasan lain mengapa kamu tidak boleh berada di dekatnya saat kamu tidur. Cahaya biru juga menyebabkan sakit kepala dan berbagai masalah penglihatan. Coba atur ulang level cahaya pada smartphone kamu dan nyalakan filter cahaya biru. Dark mode akan sangat membantu untuk melindungi mata kamu. Kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi filter untuk membuat layar kamu menjadi sangat gelap saat digunakan di ruangan minim cahaya, supaya mata kamu terlindungi.

  • Menggunakan Smartphone Saat Sinyal Rendah

Ketika kamu melihat sinyal lemah di smartphone kamu, itu berarti smartphone kamus sedang mengeluarkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancar, dan lebih banyak energi dari smartphone kamu berarti lebih membahayakan kesehatan Usahakan untuk menjaga jarak dari smartphone kamu sejauh mungkin saat sinyalnya rendah. Biasanya saat handphone mencari sinyal, hal ini akan menyebabkan handphone kamu memanas dan inilah yang berbahaya.

  • Menjaga Kontak Fisik Antara Smartphone dan Kulit Kamu

Ada beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan antara smartphone dan kanker, khususnya sinyal transmisi smartphone yang sekitar 900 MHz, yang membuat smartphone kamu menjadi panas. Kulit kamu dapat menyerap panas dengan mudah setiap kali kamu dekat dengan smartphone. Meskipun belum ada efek atau bukti nyata dari radiasi frekuensi radio pada tubuh manusia, fakta menyebutkan bahwa rasio penyerapan menurun secara dramatis ketika kamu menjaga jarak dengan smartphone. Coba gunakan headset atau speakerphone saat berbicara di telepon, agar panas dari handphone tidak menyentuh kulit kamu.

  • Menatap Layar Smartphone dengan Postur Tubuh yang Buruk

Ini adalah fakta bahwa menggunakan smartphone menyebabkan cedera ibu jari seperti tenosynovitis. Ada kondisi kesehatan lain yang berhubungan dengan  smartphone yaitu soal leher. Ketika kamu menekuk leher ke depan untuk melihat layar, tekanan pada tulang belakang leher kamu meningkat secara bertahap. Seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher kamu mungkin 5 kali lebih berat dari berat kepala kamu yang sebenarnya. Ini dapat menyebabkan nyeri leher dan kelainan postur. Usahakan untuk memegang smartphone setinggi mata (eye-level), jaga leher kamu selurus mungkin.

Mungkin kamu sedang menggunakan smartphone untuk membaca artikel ini. Setelah membaca bahaya kesalahan penggunaan, segeralah memperbaiki kesalahan yang mungkin kamu lakukan sekarang juga.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/semakin-sering-lupa-dan-ceroboh-hati-hati-mungkin-penyebabnya-adalah-smartphone-kesayanganmu/

http://www.tampilcantik.com/4-aplikasi-smartphone-untuk-mengatasi-insomnia/

http://www.tampilcantik.com/wanita-ini-buat-kita-dapat-membuat-makeup-kita-sendiri-hanya-menggunakan-smartphone/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam