Agar sehat, kita tidak hanya harus mengikuti aturan kebersihan, tetapi kita harus melakukannya dengan cara yang tepat. Apalagi saat ini di tengah pandemik Virus Korona (COVID-19), kita harus semakin rajin menjaga kebersihan.

Tapi, tahukah kamu bahwa rata-rata orang melakukan beberapa kesalahan dalam menjaga kebersihan? Simak kesalahan dalam upaya menjaga kebersihan yang paling umum dilakukan kebanyakan orang :

  • Tidak mencuci tangan sebelum pergi ke toilet
Lebih Bersih Mana, Cuci Tangan dengan Sabun atau Gunakan Hand ...

Virus dan bakteri ada di mana-mana, tidak hanya di toilet saja, tetapi di sekitar rumah. Ini berarti, jika kamu tidak mencuci tangan, virus dan bakteri mungkin juga akan menempel di tangan kamu. Ketika masuk ke kamar kecil, kamu mungkin  menyentuh bagian intim dari tubuh kamu yang sangat berbahaya bagi mikroba. Jadi, mencuci tangan sebelum pergi ke toilet bahkan bisa jadi hal yang lebih penting daripada mencuci tangan setelah keluar dari toilet.

  • Menyiram toilet dengan ujung jari

Toilet bisa jadi tempat paling kotor di tempat tinggalmu. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa 90 menit setelah toilet disiram, puluhan tetesan dengan bakteri masih ada di permukaannya. Karena itu, alih-alih menekan tombol siram toilet dengan ujung jari, cobalah untuk menyiram toilet dengan buku jari atau sisi belakang jari kamu. Ini bisa sangat membantu, jika suatu ketika kamu lupa, kemudian dengan santainya menyentuh wajah atau barang lain sebelum mencuci tangan.

  • Tidur di bantal yang sama berminggu-minggu
Ibu Perlu Tahu, Ini 5 Alasan Bantal Hamil Masih Berguna Setelah ...

Bantal adalah surga bagi tungau dan jamur. Seiring waktu, mereka dapat bergerak ke wajah dan menyebabkan banyak masalah kulit bahkan masalah kesehatan lainnya seperti masalah pernafasan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tungau dan debu dapat memicu alergi, yang menyebabkan hidung tersumbat, bengkak dan iritasi pada saluran pernapasan bagian atas.

Hal ini bisa semakin parah, jika selama pandemi Virus Korona, kamu masih bepergian dan langsung tidur tanpa membersihkan badan, wajah, dan berganti pakaian. Maka, sebaiknya, kamu sering mengganti bantal atau sarung bantal kamu, supaya virus dan bakteri tidak masuk ke dalam tubuh kamu.

  • Membiarkan hewan peliharaan tidur bersamamu

Membiarkan kucing dan anjing tidur di ranjang yang sama dengan kamu adalah sesuatu yang sangat tidak dianjurkan, apalagi saat ini sudah banyak anjuran untuk menjauh dari hewan, akibat pandemi COVID-19. Mengapa demikian? Karena hewan yang paling terawat sekalipun dapat membawa banyak bakteri di bulu-bulu mereka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memberikan tempat khusus untuk hewan kesayangan kamu dan jangan biarkan mereka tidur di ranjangmu.

  • Berbagi alat makan dengan anggota keluarga yang sakit

Jika kamu tinggal bersama keluarga yang sedang sakit atau jika kamus sedang sakit, entah itu batuk, pilek, deman atau gejala-gejala COVID-19 lainnya, alangkah baiknya kamu memisahkan alat makan masing-masing anggota keluarga untuk mencegah penularan penyakit. Usahakan untuk tidak minum dari gelas yang sama atau berbagi makanan dengan sendok yang sama. Hal ini dilakukan untuk kebaikan dan keselamatan kamu dan keluarga.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/apakah-virus-corona-mematikan-berikut-penjelasan-dokter-tentang-angka-kematian-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/saran-who-untuk-perjalanan-internasional-terkait-wabah-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/tanya-jawab-seputar-virus-corona-covid-19-dari-world-health-organisation-who/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alternatif untuk Software Zoom Terbaik untuk Konferensi Video

Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video yang