Tentu saja, kita perlu bersikap sopan dan menghargai orang lain saat mereka berbicara. Tetapi hal ini akan ada batasnya. Terkadang kamu bertemu dengan orang yang terlalu banyak bicara dan mereka membuang-buang waktu kamu untuk hal-hal yang tidak ada artinya.

Jadi, hal terpenting yang harus dilakukan saat kamu bertemu dengan orang semacam ini  adalah “berjuang” untuk menyelamatkan diri dan tahu cara melarikan diri yang tepat.

Berikut daftar tips bermanfaat yang dapat membantu kamu menyelesaikan setiap percakapan panjang yang membuang waktu :

  • Mendengarkan dengan sopan

Langkah pertama adalah mendengarkan dengan sabar. Penting untuk mengetahui apa yang orang ini coba katakan kepada kamu. Mungkin, ada pemikiran penting yang ingin mereka ungkapkan atau perasaan yang perlu mereka tunjukkan kepadamu. Atau mungkin, mereka hanya ingin dikagumi.

  • Sering bertanya tentang “tujuan utama percakapan”

Bisa saja orang itu terus menyimpang dari topik, berbicara lebih banyak tentang hal-hal dan rincian yang tidak relevan dengan topik  utama pembicaraan. Dalam hal ini, ada baiknya untuk mengingatkan mereka tentang apa tujuan dari pembicaraan kamu. Kamu perlu menanyai mereka tentang hal itu, sehingga mereka dapat kembali ke inti pembicaraan. Hal ini juga akan menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka perlu menghargai waktu kamu.

  • Minta izin untuk menyela

Jika semua upaya telah kamu lakukan untuk menyelesaikan pembicaraan, tapi mereka masih tidak berhenti, maka sudah saatnya untuk lebih tegas. Kamu bisa bertanya dengan sopan (tetapi tetap penuh percaya diri). Tanyakan apakah mereka keberatan jika kamu menyela mereka. Beberapa dari mereka mungkin menyadari bahwa percakapan telah berlangsung terlalu lama. Tapi, beberapa dari mereka mungkin masih belum sadar dan masih meminta kamu untuk mendengarkan mereka.

  • Mengubah arah pembicaraan

Jika kamu berhasil menyela mereka, alih-alih menghentikan pembicaraan, kamu bisa menambahkan cerita tentang diri kamu, anjing kamu atau teman kamu. Bicarakan tentang hal yang menyimpang topik. Ini mungkin dapat memberikan efek positif. Kamu akan membuat mereka merasakan apa yang kamu rasakan dan mereka mungkin akan berhenti berbicara.

  • Jujurlah dan katakan kepada mereka bahwa kamu tidak punya waktu

Terkadang, orang tidak bisa menerima petunjuk atau kode yang kamu tunjukan. Tidak ada salahnya untuk memberi tahu mereka bahwa kamu tidak punya waktu lagi untuk mendengarkan mereka. Kamu akan menunjukkan bahwa kamu sangat sibuk saat ini dan tidak dapat diganggu lagi. Jika kamu sudah jujur, tapi mereka masih terus bicara dan berusaha menyelesaikan pembicaraan, maka katakanlah, “Jangan sekarang, aku sibuk”.

  • Tunjukkan bahwa kamu tidak suka

Bisa jadi, mereka yang terus berbicara tiada henti ini tidak peduli tentang apa pun dan mereka memang tidak bisa berhenti berbicara. Mereka hanya ingin menceritakan kisah hidup mereka kepada siapa saja yang mereka temui. Jika kamu tidak punya trik untuk menghentikan pembicaraan, maka kamu mungkin harus menunjukkan bahwa kamu tidak menyukai situasi tersebut. Tunjukkan dengan jelas kepada mereka, bahasa tubuh dan ekspresi wajahmu yang merasa terganggu. Dengan begitu, mereka akan sadar bahwa kamu tidak nyaman.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/jangan-gugup-inilah-topik-yang-bisa-kamu-bicarakan-dengan-calon-mertua-saat-bertemu-dengannya/

http://www.tampilcantik.com/seperti-inilah-caranya-bicara-dengan-pasangan-tentang-perselingkuhan-kecil/

http://www.tampilcantik.com/bicara-tentang-buang-air-besar-yuk-oops-apa-artinya-kebiasaan-kebiasaan-kamu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di