Karena gaya hidup kita yang sering “mager” (malas gerak) dan jarang makan makanan sehat, perut kita sering merasa tidak nyaman dan sering bermasalah.  Tetapi ada gejala yang tidak boleh kamu abaikan, karena gejala ini dapat menunjukkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

Berikut adalah gejala-gejala yang tidak boleh kamu abaikan :

  1. Nyeri Perut

Nyeri bisa terjadi pada kita semua jika kita salah makan atau minum. Tetapi jika kamu sering merasakan nyeri yang sangat mengganggu di perut bagian bawah, kamu mungkin menderita beberapa penyakit radang usus seperti penyakit Crohn, Kolitis Ulserativa, Divertikulitis, Sindrom Iritasi Usus Besar, atau Kanker.

  • Sembelit

Jika kamu sering mengalami sembelit, dan merasa sakit saat buang air besar, mungkin itu adalah tanda kantong kecil yang meradang di dalam usus besar kamu, atau Irritable Bowel Syndrome, penyakit kompleks di mana gejala ini dikaitkan dengan hal-hal seperti diare, kembung, nyeri, dan buang gas.  Makan makanan sehat dapat menyembuhkan gejala ini, tapi jika gejala ini berlangsung lama, mungkin kamu harus waspada.

  • Diare

Jika kamu sering memiliki tinja yang terlalu lunak atau cair, ini adalah tanda usus besar kamu tidak berfungsi dengan baik. Ususmu tidak mampu  menyerap air dan zat lain, dan ususmu meradang.  Berbagai penyakit usus besar berhubungan dengan diare, seperti Irritated Bowel Syndrome, diverticulitis, dan penyakit Crohn

  • Tinja Berdarah

Jika ada darah di kertas toilet kamu, atau di air toilet, mungkin terjadi peradangan di perut kamu.  Jika kamu menemukan darah gelap yang hampir hitam di tinja kamu, atau jika kamu mengalami diare berdarah, kamu harus mengunjungi dokter sesegera mungkin.

  • Terlalu Banyak Buang Gas

Terlalu banyak buang gas dan mengeluarkan bau tidak sedap berarti ada sesuatu yang belum dicerna atau diserap oleh usus besar.  Ini bisa disebabkan oleh kekurangan bakteri baik, peradangan, atau pergerakan usus yang tidak normal, seperti dengan Irritable Bowel Syndrome.  Penting untuk dipahami, apakah itu gejala sebuah penyakit, atau itu karena kamu terlalu banyak makan makanan tertentu seperti kacang, kol, biji-bijian, keju, plum, pir, dll.

  • Kurang Energi

Jika usus besar tidak berfungsi dengan baik, kita akan menderita kekurangan nutrisi, mineral, dan vitamin.  Itu bisa membuat kita merasa lelah sepanjang waktu.  Jika kamu merasa demikian, bahkan dengan aktivitas yang tidak terlalu berat sekalipun, mungkin saja kamu mengalami gangguan kesehatan.

Kita harus menjaga kesehatan usus kita dengan makan banyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal, dll. Selain itu, kamu perlu menurunkan konsumsi daging, goreng-gorengan, gula, alkohol, dan kopi.  Jika kamu merokok, mungkin lebih baik untuk berhenti merokok dan mulai minum cukup air setiap hari demi kesehatan tubuhmu.

Perhatikan gejala-gejala di atas dan jangan ragu untuk pergi ke dokter. Lebih baik mendeteksi penyakit lebih dini daripada penyakit terlanjut parah dan menjadi sulit diobati.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/hidup-sehat-itu-dimulai-dari-usus-yang-sehat-saat-sakit-perut-apa-kamu-bisa-bekerja-secara-optimal/

http://www.tampilcantik.com/awas-ini-gejala-usus-buntu-yang-harus-segera-kamu-tangani/

http://www.tampilcantik.com/buat-kamu-yang-suka-berenang-ternyata-ada-tips-khusus-yang-wajib-kamu-ikuti-sebelum-berenang-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Snake diet : Rencana Puasa Ekstrem untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu pernah mendengar tentang snake diet? Tahukah