Datang bulan merupakan masa yang harus dilewati setiap wanita sampai ia menopause. Walaupun jaman sudah semakin modern dan teknologi semakin maju, tetap saja membicarakan datang bulan terasa sedikit aneh dan tabu. Hal ini menyebabkan banyak mitos-mitis beredar di masyarakat yang terkadan kita masih nelum yakin akan kebenaranya tetapi terlalu sungkan untuk bertanya. Mau tau apa saja?

1. Waktu pembersihan badan.

Banyak orang menyetarakan datang bulan dengan proses pembersihan tubuh dan organ kewanitaan dengan mengeluarkan darah kotor setiap bulan. Hal ini sebenarnya sama sekali tidak berhubungan dengan datang bulan. Darah yang dikeluarkan hanya berisi lapisan dari rahim yang mengandung sel telur yang tidak dibuahi, dan bukan kotoran-kotoran yang lainnya.

2. Banyak berarti sehat

Masih berkaitan dengan mitos mengenai darah kotor, tidak berarti apabila mengeluarkan banyak berarti tubuh semakin sehat dan kotoran di dalam rahim semakin bersih. Jumlah yang terlalu banyak bisa merupakan tanda-tanda sesuatu yang tidak beres dalam organ kewanitaan. Apabila pendarahan berlangsung lama dan sangat banyak, ada baiknya segera konsultasi ke dokter kandungan.

3. Berhubungan intim saat datang bulan

Berlawanan dengan apa yang dipercaya selama ini, hubungan Intim saat datang bulan sama sekali tidak berpengaruh bagi kesehatan. Memang akan sedikit merepotkan, berantakan dan canggung, namun apabila itu tidak menjadi masalah, maka berhubungan intim saat haid tidak berakibat apapun.

4. Olahraga akan menguras tenaga

Saat datang bulan, tubuh akan terasa lebih mudah letih dan lesu karena perubahan hormon, tetapi bukan berarti kamu tidak cukup fit untuk berolahraga. Malahan berolahraga secara teratur saat haid dapat meningkatkan hormon endorphin dan adrenalin yang bisa mengurangi kram dan nyeri haid. Jangan lupa minum air yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi.

5. Membahayakan saat berenang di laut

Ide untuk berenang ketika datang bulan mungkin sudah terasa merepotkan. Apapun alasanmu untuk malas berenang di laut ketika hari H, pastinya tidak ada hubungannya bahwa darah yang dikeluarkan saat datang bulan akan mengundang datangnya hiu atau predator laut lainya. Belum ada penelitian yang bisa membuktikan kedua hal ini berkaitan.

6. Berubah berarti masalah

Berbahnya lama siklus dalam haidmu adalah sesuatu yang wajar, apabila tidak terentang terlalu jauh. Rata-rata siklus datang bulan adalah 28 hari, padahal sebenarnya bisa berkisar antara 21-35 hari. Walau kamu memiliki siklus yang teratur, banyak hal yang bisa membuatnya datang terlambat seperti stress, kurang nutrisi, dan kecapekan. Jadi jangan khawatir dulu apabila siklusmu tiba-tiba berubah tapi coba hidup sehat dan teratur.

7. Sering kompak karena dekat

Sering tiba-tiba berbarengan mendapat “tamu” dengan teman dekatmu? Jangan buru-buru berpikir karena kalian sudah sangat kompak sehingga mempengaruhi siklus kalian. Sebuah jurnal tentang Reproduksi Manusia mengatakan bahwa itu hanya masalah angka yang kadang-kadang pasti bertepatan satu sama lain dalam beberapa periode.

Baca juga Suka Nyeri Saat Datang Bulan? Enggak Perlu Repot-repot Beli Obat Penghilang Sakit. Atasi Dengan Hal Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hand Sanitizer vs. Cuci Tangan, Mana yang Terbaik untuk Mencegah Penyebaran Virus dan Kuman?

Tangan adalah bagian dari tubuh kita yang paling