Kenaikan berat badan sementara selama periode yang ditandai dengan kembung, tangan dan kaki bengkak, dan payudara yang lembut, juga disertai dengan satu atau semua gejala berikut yang juga normal selama siklus menstruasi Anda:

Meskipun Anda dapat mengharapkan semua ini selama siklus menstruasi Anda, pertanyaan utama di sini adalah – bagaimana mencegah atau melindungi diri Anda dari kenaikan berat badan yang tidak perlu? Berikut adalah rencana strategis untuk mencegah kenaikan berat badan sebelum dan selama menstruasi. 

  1. Dipersiapkan

Ini mungkin terdengar samar, tetapi ketika Anda mencoba memahami siklus Anda dan respons tubuh Anda terhadap perubahan hormonal, Anda mungkin dapat mencegah semua penyebab kenaikan berat badan selama menstruasi.

Lengkapi dapur Anda dengan camilan sehat seperti popcorn, buah-buahan, dan brownies rendah gula buatan sendiri sehingga begitu hormon lapar muncul, Anda tidak menggunakan camilan tidak sehat dan melahap makanan tinggi gula dan sodium.

  1. Kurangi Kafein

Karena Anda akan merasa jauh lebih cemas saat PMS, mengurangi kafein akan membuat Anda lebih tenang dan mencegah gejala terkait lainnya seperti rewel. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dan gejala PMS, tidak ada salahnya mengurangi jumlah asupan. Pilihlah teh chamomile atau jahe daripada kopi selama menstruasi Anda. Sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim Anda.

  1. Minum air

Minum air akan menjaga sel-sel Anda terhidrasi, membuang racun dari usus besar Anda, dan menjaga metabolisme Anda tetap aktif. Ini, pada gilirannya, akan mencegah kenaikan berat badan sebelum dan selama menstruasi Anda.

  1. Jangan Melewatkan Makan

Konsumsi setidaknya 5-6 kali sehari. Bersamaan dengan sarapan, makan siang, dan makan malam, Anda harus memasukkan dua camilan per hari. Ini akan menjaga metabolisme Anda dari mengulur-ulur, menyeimbangkan hormon Anda, dan membuat Anda kenyang.

  1. Kurangi Garam

Makanan asin atau tinggi sodium seperti junk food dan makanan olahan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh Anda. Mengurangi ini sebelum dan selama periode Anda akan membantu mencegah penambahan berat badan air.

  1. Jangan Lewati Sesi Latihan Anda

Meskipun Anda mungkin tidak ingin pergi ke gym atau berolahraga di rumah selama periode Anda, berolahraga akan membantu meningkatkan suasana hati Anda. Dan ketika Anda merasa lebih baik, Anda tidak akan makan makanan yang tidak sehat, tidur nyenyak, dan stres berkurang.

  1. Ambil Suplemen

Kalsium membantu memerangi gejala PMS, dan karenanya, disarankan untuk mengonsumsi cukup kalsium selama periode tersebut. Anda juga dapat menggunakan obat herbal alami tertentu untuk mengontrol kenaikan berat badan Anda.

Magnesium adalah nutrisi penting lainnya yang harus Anda konsumsi untuk menyeimbangkan perubahan hormon menstruasi di tubuh Anda.

Suplemen omega-3 atau suplemen minyak ikan juga dapat membantu mengurangi tingkat stres selama PMS, mencegah Anda mengonsumsi banyak makanan tidak sehat.

Namun, ingat, perlu berkonsultasi dengan ahli medis profesional sebelum mengonsumsi suplemen atau obat apa pun karena tidak melakukannya dapat memiliki efek buruk pada tubuh Anda.

  1. Sertakan Vitamin

Vitamin B6 membantu mengurangi kadar estrogen dan meningkatkan kadar progesteron dalam darah. Ini membantu menyeimbangkan hormon yang berfluktuasi, yang mengontrol penambahan berat badan. Untuk menghilangkan gejala PMS selama menstruasi, Anda dapat mengonsumsi vitamin B6 hingga 100 mg per hari.

  1. Kenali Pemicunya

Memelihara buku harian PMS akan membantu Anda mengidentifikasi Memelihara buku harian PMS akan membantu Anda mengidentifikasi waktu dalam sebulan di mana Anda memulai menstruasi dan memahami bagaimana perasaan Anda, dan tindakan apa yang Anda ambil. Ini akan membuat Anda lebih sadar pada siklus menstruasi berikutnya saat Anda makan berlebihan atau melewatkan sesi latihan.

Juga, jika Anda sudah menstruasi dan merasa kembung, rencana diet termasuk kefir, bayam, cokelat, alpukat, kimchi, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu meminimalkan gejala dan mengurangi kegelisahan.

Seiring dengan hidrasi yang tepat, diet seimbang yang sehat, dan olahraga ringan, ada beberapa obat yang dapat membantu meringankan gejalanya.

Baca Juga :

Timbangan Berat Badan Naik Turun Dalam Sehari? Yuk Ketahui Penyebabnya

Girls, Cobain Ini Deh Agar Haid Kamu Teratur Dan Lancar

Minuman Terbaik Sebelum Tidur yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cobalah 3 Latihan Pernapasan Ini Untuk Mengurangi Stres

Hampir mengejutkan bagaimana kita menormalkan waktu yang kita