Image result for menambahkan lemak dalam diet

Sejak tahun 80-an dan 90-an, lemak telah lebih dari sekadar kata yang ditakuti. Dokter dan ahli gizi mendesak kita  untuk membuangnya dari makanan kita  jika memungkinkan. Dan sebagai hasilnya, kita akan  beralih ke semua yang rendah lemak. Tapi apakah pergeseran itu benar-benar membuat kita lebih sehat? Jawabannya tidak, mungkin karena dalam prosesnya kita mengurangi lemak sehat di samping yang berbahaya.

Para ahli menjamin lemak sebagai produk yang harus dimiliki  seperti susu, alpukat, minyak, dan minyak kelapa bergabung dengan barisan makanan super. Penyelidikan yang lebih dalam ke dalam penelitian telah berulang kali membuktikan bahwa peningkatan obesitas dan penyakit jantung berakar pada pola makan  yang buruk secara keseluruhan ditambah dengan gaya hidup yang tidak aktif, daripada hanya memiliki beberapa lemak dalam makanan sehari-hari kita. Sebaliknya, lemak sangat dibutuhkan untuk hal-hal yang belum sempurna seperti membangun membran sel, pembekuan darah, gerakan otot, dan peradangan. Untuk para angkat berat di luar sana, diet yang mengandung lemak yang sehat juga membantu menuju pembentukan otot dengan cara yang lebih dari satu.

Lemak Baik Vs Lemak jahat

Secara kimia, semua lemak memiliki struktur kimia yang mirip pada tingkat dasar. Yang memisahkan mereka satu sama lain adalah panjang dan bentuk rantai karbon dan jumlah atom hidrogen yang terhubung ke atom karbon. Perbedaan-perbedaan kecil dalam struktur inilah yang diterjemahkan ke dalam perbedaan fungsi yang krusial.

Umumnya, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda disebut sebagai ‘lemak sehat’. Namun, sebagian besar dalam kehidupan kita sehari-hari, kita umumnya mengkonsumsi ‘lemak tidak sehat’ yang datang dalam bentuk asam lemak trans dalam makanan olahan dan lemak terhidrogenasi dari berbagai minyak goreng.

Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa kamu perlu menyeimbangkan konsumsi lemak mono, poli, dan lemak jenuh secara merata untuk kesehatan optimal. Dari perspektif itu, rasio saat ini berdiri sekitar 20: 1. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengonsumsi lebih banyak lemak dalam bentuk sumber lemak sehat yang tidak diolah dan utuh.

Jadi Apa Sebenarnya Manfaat Lemak?

Lemak jelas memiliki kekurangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Pemahaman menyeluruh tentang bagaimana lemak memengaruhi tubuh kamu akan memberi kamu perspektif yang lebih jelas tentang bagaimana kamu dapat mengintegrasikannya ke dalam diet kamu dengan lancar.

  1. Pengurangan Resiko Penyakit:

Lemak tunggal dan tak jenuh ganda (kacang, biji, alpukat, ikan air dingin, dll.) Dan lemak tidak jenuh (minyak yang dibuat dari buah zaitun, jagung, bunga matahari, dan sayuran) datang dengan manfaat yang sehat bagi jantung. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar LDL, yang menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. dan asam lemak Omega-3, selain mencegah penyakit jantung, juga membantu pembekuan darah dan membangun membran sel di otak

  1. Kulit yang Glowing:

Asam lemak seperti EPA dan DHA memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit yang prima. DHA mengacu pada komponen struktural kulit dan bertanggung jawab untuk membran sel yang sehat. Dan asam lemak juga dapat bermanfaat bagi kulit kamu dengan mengelola produksi minyak di kulit, hidrasi, mencegah penuaan dini, dan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Kesehatan Tulang dan Sendi yang Lebih Baik:

Jika kamu mengangkat beban berat di gym, kamu tidak akan pernah jauh dari risiko melukai tulang dan tendon kamu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kesehatan tulang yang baik juga. Dan peningkatan kadar asam lemak dalam tubuh dapat membuat keajaiban bagi kekuatan tulang kamu dengan meningkatkan jumlah kalsium pada tulang kamu. Ini juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kekuatan genggaman.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tau Ngak Sih Kalo Minum Madu Sebelum Tidur Itu Bisa Buat Kamu Langsing Lho

  Tubuh yang ideal dan langsing tentunya menjadi