Kamu tentu menyadari bahwa perut kosong bisa membuatmu tidak fokus dalam bekerja dan belajar. Tidak hanya itu, lapar pun bisa menyebabkan depresi. Di sisi lain, kamu pasti kerap mendengar tentang larangan makan di malam hari karena makan di malam hari dapat menyebabkan berat badan kamu bertambah.

Tapi tahukah kamu, ternyata sains telah membuktikan fakta yang bertolak belakang dengan mitos tersebut. Tidur dengan perut kosong ternyata memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh kamu. Inilah daftar alasan mengapa kamu tidak boleh tidur dengan perut kosong :

  • Kamu bisa kehilangan massa otot

Bagi mereka yang berusaha menambah massa otot, kelaparan adalah pilihan yang buruk. Kamu mungkin ingin melewatkan makan malam, tetapi sebenarnya kamu membutuhkan nutrisi untuk mengubah protein menjadi otot. Nah, untuk itu, kamu harus tetap mengisi perut kamu bahkan di malam hari sekalipun, karena kamu membutuhkan nutrisi untuk otot.

  • Berat Badanmu Justru Bisa Bertambah

Ya, puasa di malam hari bisa memiliki efek samping yang berbanding terbalik dengan harapan kamu.  Penelitian yang menghimbau program penurunan berat badan dengan cara tidak makan di malam hari masih kontroversial. Pernyataan bahwa metabolisme kita akan lebih lambat di malam hari juga masih menjadi hal yang kontroversial dan tidak ada bukti yang mendukungnya.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus makan dengan porsi besar tepat sebelum tidur. Bukan masalah jika kamu makan 2 – 3 jam sebelum tidur, dengan catatan, makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang menyehatkan. Tentu saja, porsinya juga harus sesuai dengan kebutuhan. Meski makan makanan sehat, bukan berarti kamu boleh rakus.

  • Kamu mungkin mengalami gangguan tidur

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami tidur saat perut sedang lapar. Di saat seperti ini, perut akan menggeram dan satu-satunya pikiran yang kamu miliki adalah bagaimana kamu bertahan hingga waktu sarapan tiba.

Ketika kamu lapar dan terus memikirkan makanan, kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk tertidur, dengan kata lain, kamu akan sulit tidur karena kamu lapar. Jadi jika kamu ingin tidur nyenyak, jangan biarkan diri perutmu kelaparan. Jika kamu merasa lapar, setidaknya makanlah camilan sehat seperti buah apel, misalnya.

  • Kamu bisa kehilangan energi

Jika kamu tidak makan sebelum tidur, kamu tidak memiliki “bahan bakar” untuk membuat kamu tetap aktif keesokan harinya. Sangatlah penting bagi kamu untuk merasa segar di pagi hari karena kamu harus siap untuk bekerja.

Para peneliti telah memperhatikan bahwa kelaparan memiliki banyak efek samping yang mungkin dapat membahayakan, contohnya seperti kelelahan dan depresi. Jadi, jika kamu tetap memutuskan untuk tidur dengan perut kosong dan tidur dalam kondisi lapar, kemungkinan besar kamu akan bangun dengan kondisi rendah energi dan dengan suasana hati yang buruk. Tentu kondisi ini akan merugikan kamu dalam beraktivitas keesokan harinya.

Apa pendapatmu tentang makan sebelum tidur?

Seberapa sering kamu menahan lapar di malam hari?

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/4-latihan-yoga-yang-mudah-untuk-tidur-lebih-nyenyak/

http://www.tampilcantik.com/memar-saat-bangun-tidur-7-masalah-kesehatan-berikut-ini-bisa-jadi-penyebabnya/

http://www.tampilcantik.com/lakukan-ini-sebelum-tidur-untuk-membantu-menurunkan-berat-badan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di