Yogurt adalah salah satu makanan fermentasi yang digemari masyarakat. Yoghurt membantu memenuhi nutrisi harian karena mengandung kalsium dan probiotik penguat tulang yang baik bagi kesehatan tubuhmu. Namun, terlepas dari banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari yogurt, camilan yang satu ini termasuk mudah kadaluwarsa. Tentu kamu pernah bertanya-tanya, bagaimana kamu bisa tahu kalau apakah yogurt kamu masih kayak konsumsi atau tidak? Apakah boleh makan yogurt kedaluwarsa? Dan apa hal terburuk yang bisa terjadi jika kamu nekat makan yogurt kadaluwarsa? Simaklah penjelasan berikut ini :

Jadi, bolehkan kamu makan yogurt kadaluwarsa?

Jika kamu takut dengan makanan kadaluwarsa, ketahuilah hal ini :

Tanggal kadaluwarsa di yoghurt kamu secara teknis bukan merupakan tanggal kedaluwarsa, melainkan itu adalah tanggal yang menunjukkan batas “kualitas terbaik” yogurt yang kamu beli. Banyak produk yang mencantumkan tanggal kadaluwarsa berdasarkan tolak ukur kualitas, bukan keamanan produk. Pada dasarnya, tanggal yang tertera pada yogurt kamu hanya memberi tahu kamu periode di mana yogurt yang kamu beli berada pada kualitas terbaiknya.

Berapa lama yogurt bisa bertahan melewati tanggal kedaluwarsa?

Meskipun tidak ada waktu yang ditentukan terkait kapan yogurt bisa bertahan setelah melewati tanggal kadaluwarsa, kamu bisa mengonsumsi yogurt yang kemasannya masih utuh (belum dibuka) selama kurang lebih 1 bulan setelah melewati tanggal “best before”.

Namun ingat, tidak semua yogurt sama! Jika yogurt yang kamu beli mengandung potongan  buah di dalamnya, maka itu akan berbeda. Ragi dan jamur akan tumbuh pada buah di dalam yogurt dan menjadikannya tidak aman untuk dikonsumsi setelah melewati tanggal kadaluwarsa.

Dan, jika kamu sudah membuka kemasan yogurt kamu, mungkin yogurt hanya akan bertahan  seminggu setelah tanggal kadaluwarsa. Hal ini juga berlaku jika kamu mencelupkan kembali sendok yang sudah dijilat ke dalam kemasan yogurt. Mikroorganisme di udara dan bakteri di mulut kamu dapat membuat yogurt kamu menjadi semakin cepat busuk.

Bagaimana cara mengetahui yogurt yang sudah tidak layak dikonsumsi?

Jika kotak atau kemasan yogurt kamu telrihat berjamur dan membusuk, indra penciuman kamu tentu saja akan mendeteksi apakah yogurt kamu masih bisa dikonsumsi atau tidak.  Ketika kamu mencium bau tengik sekecil apa pun dalam produk yogurt, itu berarti yogurt kamu sudah busuk. Bau mengerikan yang kamu cium tersebut menandakan ada sesuatu yang tak diinginkan di dalam yogurt kamu.

Selain itu, lapisan cairan yang muncul  di bagian permukaan yogurt juga dapat mengindikasikan bahwa yogurt kamu sudah tidak layak konsumsi.

Apa yang akan terjadi jika kamu mengonsumsi yogurt kadaluwarsa?

Jika yogurt kadaluwarsa yang kamu konsumsi masih dalam kondisi segel dan utuh (kemasan belum dibuka), mungkin kamu akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman di dalam perutmu. Ketika perasaan tidak nyaman di perut menjadi cukup mengganggu, mungkin kamu akan langsung berhenti makan yogurt itu.

Tapi jika kamu mengonsumsi yogurt kadaluwarsa yang kemasannya sudah dibuka, apalagi yogurt kadaluwarsa dengan sendok bekas yang masih tercelup dalam kemasan, kamu akan mengalami masalah perut yang cukup mengganggu. Yogurt yang kamu makan bisa menyebabkan diare, kram perut, dan muntah-muntah.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-khasiat-yang-bisa-kamu-dapatkan-dari-yoghurt-tergantung-waktu-konsumsinya/

http://www.tampilcantik.com/diy-masker-yoghurt-untuk-rambut-dan-kulit-yang-harus-segera-kamu-coba/

http://www.tampilcantik.com/siapa-bilang-dapatkan-kulit-glowing-harus-mahal-karena-kamu-bisa-mendapatkannya-dengan-menggunakan-yoghurt/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga