Menurut survei terbaru, 44% pasangan menikah percaya bahwa berkelahi lebih dari sekali seminggu membantu mereka menjaga hubungan yang sehat dan produktif untuk waktu yang lama. Fakta menunjukkan, pasangan yang sering berdebat, tetapi berakhir dengan yang damai, lebih cenderung untuk tetap langgeng. Karena meski ada sedikit kesalahpahaman, mereka tahu bahwa cinta mereka serius dan tulus.

Berikut adalah bukti bahwa berdebat atau bertengkar merupakan suatu hal yang baik untuk hubungan kamu dan pasangan :

  • Bertengkar adalah tanda hubungan yang matang
Side view of young couple ignoring each other at home

Menghindari konflik jelas bukan cara terbaik untuk membangun hubungan yang tahan lama. Sebaliknya, jika kamu dapat berkomunikasi ketika bertengkar, itu berarti kamu siap untuk membawa hubunganmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Orang dewasa tidak perlu berteriak atau bahkan melakukan kekerasan fisik ketika sedang bertengkar. Sebaliknya, mereka selalu berusaha untuk mencapai kesepakatan demi kebaikan bersama setelah beradu argumen dan saling menyatakan pendapat.

  • Berkelahi menandakan bahwa kamu peduli

Tentu saja, akan jauh lebih mudah untuk menutup mata terhadap kebiasaan pasangan kamu yang membuat kamu kesal atau tidak nyaman. Tetapi fakta bahwa kamu berani dan siap menerima segala risiko setelah menyatakan perasaanmu pada pasangan (meskipun bisa jadi tindakanmu memicu pertengkaran), ini menandakan bahwa kamu peduli, berkomitmen dan kamu mencintainya.

  • Berkelahi membuat komunikasi lebih mudah

Untuk menciptakan kepercayaan dalam hubungan, kamu perlu mendekati pasangan kamu dengan pikiran terbuka, mengambil tanggung jawab atas tindakan kamu dan mendengarkan satu sama lain. Karena berdebat adalah salah satu bentuk komunikasi utama dan yang paling jujur, maka itu akan sangat membantu kamu dan pasangan saling mengenal dan mengetahui pikiran masing-masing.

  • Berkelahi adalah tanda hubungan yang sehat

Psikolog percaya bahwa ada 7 kunci untuk hubungan yang sehat dan bahagia, dan berdebat adalah salah satunya. Jika pasangan tidak pernah berdebat, itu mungkin pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan hubungan mereka.

  • Berkelahi membuat hubungan kamu lebih kuat

Saat kamu berdebat dengan pasangan, tidak masalah apakah kamu menang atau kalah. Hal yang paling penting adalah kamu saling belajar satu sama lain dan kamu juga bisa lebih memahami dirimu sendiri setelah berdebat dengan pasangan.

Konflik kecil membantu kamu dan pasangan mengungkapkan menunjukkan sifat asli satu sama lain dan belajar untuk mengatasi sifat satu sama lain.  Inilah yang akan membuat hubungan kamu lebih kuat.

  • Berkelahi dapat meredakan dendam

Berada dalam suatu hubungan tidaklah mudah. Jika kamu merasa kecewa pada pasangan dan selalu menyembunyikannya, hal ini akan berujung pada dendam yang tidak baik bagi hubungan kamu. Jadi, berkelahi dan saling beradu argumen bisa jadi jalan untuk meredakan kekecewaan yang kalian rasakan satu sama lain.

  • Berkelahi akan membuat hubungan kamu awet

Menurut beberapa penelitian, kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan pasangan adalah menghindari konflik. Kita sering merasa ada sesuatu yang salah tetapi tidak mengutarakan apapun pada pasangan.  Komunikasi yang buruk inilah yang menjadi alasan paling umum untuk putus.

Berdebat memungkinkan kamu untuk fokus pada masalah kamu dan menyelesaikannya dengan segera sebelum masalah menjadi semakin besar dan sulit untuk diselesaikan. Itulah sebabnya pasangan yang sering berdebat dapat mempertahankan hubungan dalam waktu yang lama.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-tanda-kamu-terjebak-toxic-relationship/

http://www.tampilcantik.com/9-tanda-hubungan-kamu-sudah-tidak-perlu-dipertahankan/

http://www.tampilcantik.com/6-mitos-tentang-kehidupan-pernikahan-yang-harus-kamu-pahami/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Keinginan Menjalani Hubungan yang Manis seperti Bulan Madu Justru Berbahaya untuk Hubungan kamu

Tahap “bulan madu” adalah masa-masa manis di mana