Tren diet dengan puasa menjadi sangat populer di tahun 2019. Diet dengan jendela makan 5:2 atau 16:8 menjadi perbincangan normal dalam sehari-hari. Nah, apalagi di Bulan Ramadhan ini, mungkin kamu juga tertarik untuk mencobanya. Kamu bisa melakukan program diet puasa sambil menjalankan kewajiban.

Tahukan kamu, ternyata ada 10 manfaat potensial yang bisa kamu dapatkan dari berpuasa. Berikut daftar manfaat puasa bagi kesehatan :

  • Penurunan berat badan

Apakah diet dengan puasa benar-benar dapat membantu kamu menurunkan berat badan? Tergantung. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menarik kesimpulan konkret tentang efektivitas puasa dalam membantu menurunkan berat badan. Pada akhirnya, kita tetap perlu mengurangi asupan kalori untuk dapat menurunkan berat badan. Jadi kuncinya adalah tidak boleh membabi-buta dan rakus saat buka puasa.  Tetap beraktivitas selagi berpuasa dan tidak rakus ketika berbuka, tentu akan membantumu mengurangi berat badan.

  • Sensitivitas insulin meningkat

Erin Palinski-Wade, RD., seorang ahli gizi yang berbasis di New Jersey dan penulis “2 Day Diabetes Diet” mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi mereka penderita diabetes atau mereka yang berisiko menderita diabetes.

  • Konsentrasi yang lebih baik
13 Tips Cara Meningkatkan Kekuatan Konsentrasi Pada Anak I Brainfit

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan puasa dapat melindungi otak dengan meningkatkan fungsi dan strukturnya. Contoh, sebuah studi tahun 2018 di Experimental Biology and Medicine menunjukkan puasa dapat mencegah penyakit Alzheimer. Jelas, penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk melihat apakah ini juga berlaku pada manusia.

  • Menurunkan kolesterol

Ketika kamu makan sesuai dengan ritme dan jadwal diet puasa, memetabolisme makanan dalam tubuhmu akan menjadi lebih baik. Hal ini akan mencegah peningkatan gula darah dan lipid termasuk kolesterol dan trigliserida.

  • Kebiasaan Makan Menjadi Lebih Baik

Apakah kamu pernah mengambil permen atau camilan dan tidak menyadari apak yang kamu lakukan? Nah, itu disebut sebagai “makan tanpa pikir panjang”. Banyak orang makan secara emosional, terutama di malam hari ketika duduk di depan TV. Orang pun akhirnya jadi mengonsumsi kalori ekstra, yang menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, dengan puasa, kamu dipaksa untuk membangun jendela makan sehingga tidak ada kesempatan bagi kamu untuk makan secara emosional. Bahkan mungkin kamu akan lebih perhatian pada nutrisi dan kualitas makanan saat berbuka.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Membatasi asupan kalori bahkan jika dilakukan dalam jangka waktu yang singkat sekalipun, dapat “mengatur ulang” sistem kekebalan tubuh kamu dan memberikannya dorongan tenaga yang dibutuhkan. Penelitian di University of Southern California menunjukkan bahwa berpuasa (selama 72 jam) dapat membuat tubuh kamu membuang sel-sel kekebalan tubuh yang rusak dan meregenerasi sel-sel baru yang lebih sehat yang siap membantu tubuh melawan racun.

  • Kulit Lebih Sehat

Apa yang kamu makan akan memengaruhi kesehatan kulit kamu. American Academy of Dermatology mengonfirmasi bahwa makanan tertentu, seperti susu, roti putih, dan makanan ringan atau minuman bergula, dapat meningkatkan jerawat dengan meningkatkan kadar gula darah kamu. Dengan berpuasa, kamu akan mengurangi asupan makanan tidak sehat dan mulai mengonsumsi makanan yang lebih bergizi, sehingga kesehatan kulit pun membaik.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/snake-diet-rencana-puasa-ekstrem-untuk-menurunkan-berat-badan/

http://www.tampilcantik.com/malu-bau-mulut-saat-puasa-ini-dia-cara-mengatasinya/

http://www.tampilcantik.com/tips-berpuasa-yang-akan-membantumu-menurunkan-berat-badan-tanpa-tersiksa/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menurunkan Berat Badan

Meskipun payudara yang kendur adalah hal yang normal