Kamu tidak perlu menjadi profesional untuk tahu bagaimana cara makan sehat saat sedang berada di luar. Makan di restoran dan makan sehat adalah dua hal yang bertentangan itulah yang beberapa dari mereka pikirkan. Makan di luar sebagian besar dianggap sebagai alasan utama gaya hidup yang tidak sehat. Dengan beberapa persiapan dan pengetahuan, kamu benar-benar bisa mengubah makanan kamu menjadi pilihan yang sehat. Entah kamu sedang diet atau kamu tidak ingin mengeluarkan tenaga ekstra atau kamu tidak punya pilihan selain makan di luar, makan sehat di restoran harus lebih diutamakan.

Beberapa taktik sederhana dan cerdas ini akan membantu kamu membuat pilihan yang tepat dan juga membantu kamu menghindari  kalori yang tidak sehat atau porsi yang terlalu banyak. Menurut Dr. Manjari Chandra, Ahli Nutrisi Senior, Max Healthcare, jika kamu mengonsumsi makanan, hindari penambahan dressing, mentega dan makanan berbasis minyak. Dia menambahkan, “Di India, ada banyak minyak olahan yang tidak sehat yang masuk ke dalam pembuatan makanan ini. Jika kamu pergi ke tempat yang sama, kamu bisa berbicara dengan mereka untuk mengatur makanan tanpa minyak ekstra.” Dia menambahkan, “Kamu bisa makan di luar sepanjang waktu, tapi jika tidak dapat dihindari, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah, kacang atau sayuran mentah sebagai gantinya.”

Ini ada beberapa cara makan sehat di luar dan tips terbaik yang harus diikuti untuk makan sehat.

  1. Buat Pilihan yang Tepat

Dr. Manjari juga menekankan pentingnya membuat pilihan makanan yang tepat saat makan di luar. Restoran mewah akan memberi kamu dua dan tiga kali lipat jumlah protein dan karbohidrat yang kamu butuhkan. Piring kamu tidak boleh hanya berisi makanan yang berminyak. Pastikan itu ditempati dengan vitamin 50%, 25% protein dan 25% karbohidrat.

  1. Hidangan yang Simple

Semakin banyak komponen yang dimiliki hidangan, semakin banyak kalori yang dikandungnya. Kamu bisa menghilangkan kelebihan bahan apapun dengan tetap berpegang pada hidangan seperti salad atau ikan tanpa tambahan.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Seimbang

Pastikan bahwa kamu memperlakukan diri kamu pada satu hal dan bukan segalanya. Misalnya, jika kamu tahu bahwa restoran itu terkenal dengan makanan penutup yang terdiri dari karbohidrat dan lemak, maka kamu harus mengimbanginya dengan sesuatu yang rendah karbohidrat dan lemak.

  1. Meminta Bantuan Pelayan

Pelayan selalu ada saat kamu meminta bantuan. Alih-alih merenungkan menu, kamu bisa bertanya kepadanya tentang jenis bahan yang masuk ke makanan kamu. Tanyakan ke pelayan, apa yang akan dia pesan jika dia ingin makanan sehat dari menu. Inilah salah satu tips yang akan memberi tahu kamu bagaimana cara makan sehat di luar.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tanda yang Menunjukkan Ada Kutu di Kasur Kamu

Apa kamu pernah dengar tentang kutu di kasur?