Sayuran adalah makanan sehat yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Kita memnag dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran secara rutin untuk kesehatan tubuh kita. banyak sekali jenis sayuran yang bisa kita konsumsi. Kita makan sayuran dengan tujuan untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran secara utuh. Tetapi apakah kalian pernah tahu jika pengolahan sayuran yang salah justru bisa membuat vitamin dan nutrisi yang ada dilamanya berkurang dan bahkan hilang. Jadi jika ingin mendapatkan nutrisi dari sayuran secara utuh, kamu harus mengolahnya dengan benar. Jika kamu memang belum tahu bagaimana cara mengolah sayuran agar nutrisi yang terkandung didalamnya tetap utuh, yuk kita lihat sekarang apa saja caranya, antara lain :

  1. Direbus

Image result for sayuran direbus

Cara mengolah sayuran pertama agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran adalah dengan direbus. Agar tetap mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran, kamu harus memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk merebus sayuran. Jangan merebusnya terlalu lama karena dapat membuat nutrisinya hilang. Selain itu kamu harus merebusnya menggunakan air masak.

  1. Dikukus

Image result for sayuran dikukus

Cara mengolah sayuran selanjutnya agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran adalah dengan dikukus. Mengukus sayuran adalah salah satu cara terbaik agar nutrisi dalam sayuran tidak hilang. Kamu hanya perlu mengukus sayuran sebentar saja, setelah itu kamu bisa langsung menikmatinya.

  1. Dipanggang

Image result for sayuran dipanggang

Cara mengolah sayuran selanjutnya agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran adalah dengan Dipanggang. Ternyata memanggang sayuran tidak akan membuat nutrisi dalam sayuran menjadi hilang. Hal yang harus kamu ingat adalah jangan memanggangnya terlalu kering. Karena nutrisi yang ada dalam sayuran dijaga oleh kulit bagian luar, jika kamu memanggangnya terlalu kering maka akan membuat kandungan didalamnya hilang.

  1. Memasak sayuran tidak Menggunakan air

Cara mengolah sayuran selanjutnya agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran adalah dengan memasaknya tidak menggunakan air. Jika kamu ingin mengolah sayuran hijau, kamu bisa memasaknya tanpa menggunakan air agar nutrisinya tidak hilang. Karena bisanya sayuran tersebut juga akan mengeluarkan air. Atau kamu juga bisa mengandalkan air yang menempel pada saat mencuci sayuran. Kamu hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk membuat sayur matang.

  1. Menggunakan Microwave

Image result for memasak sayuran pakai microwave

Cara mengolah sayuran selanjutnya agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang utuh dari sayuran adalah dengan menggunakan microwave. Mengolah sayuran menggunakan microwave adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan. Walaupun tidak setuju dengan anggapan ini, tetapi paling tidak hampir 70% nutrisi sayuran tetap terjaga jika kamu mengolahnya dengan menggunakan micro9wave. Jadi mulai sekarang kamu bisa mulai mencobanya.

Baca juga Buah dan Sayuran yang Seharusnya Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Lilin Aroma Terbaik yang Akan Mengharumkan Setiap Sudut Rumahmu

Ketika kamu menyelenggarakan sebuah pertemuan atau pesta di