Penelitian telah menemukan hubungan antara obesitas dan hormon leptin. Leptin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak dan mereka merangsang otak jika ada kekurangan atau kelebihan jumlah lemak tubuh. Ini memasuki darah ketika jumlah lemak yang disimpan meningkat, menunjukkan tubuh memiliki cukup lemak.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang makanan untuk ditambahkan dalam diet hormon pembakar lemak.

Leptin juga dikenal sebagai hormon kelaparan karena memberitahu otak kamu jika kamu sudah cukup makan, dan jika tingkat energi kamu cukup atau jika ini perlu ditingkatkan.

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi tingkat leptin, termasuk asupan kalori, waktu makan, paparan cahaya, olahraga, stres, durasi tidur dan jadwal tidur atau  bangun.

Selain itu, leptin juga memainkan peran utama dalam pengaturan sistem reproduksi, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal dan pertumbuhan produksi hormon.

  1. Jeruk bali

Related image

Jeruk bali adalah buah yang membantu membakar lemak dan menjaga metabolisme aktif. Selanjutnya, jeruk bali kaya akan vitamin C dan membantu mencerna makanan dengan cepat dan efisien. Kamu hanya perlu makan setengah jeruk bali atau segelas jus  jeruk bali sebelum makan untuk membantu mengisi tenaga kamu. Ini akan memungkinkan kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori saat makan dan berpotensi membantu menurunkan berat badan.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh dapat membantu meningkatkan hormon pembakar lemak karena mengandung nutrisi dan karbohidrat kompleks yang meningkatkan metabolisme dan menstabilkan kadar insulin. Selain itu, mereka membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dan beberapa biji-bijian terbaik untuk menurunkan berat badan adalah gandum utuh, beras liar, soba, quinoa, millet, sorgum, dll.

  1. Brokoli

Brokoli adalah makanan bergizi lainnya yang dapat meningkatkan hormon pembakar lemak dalam tubuh. Menjadi kaya vitamin C, kalsium dan berbagai mineral dan vitamin penting lainnya, itu adalah makanan yang ideal untuk dimasukkan dalam rencana diet penurunan berat badan kamu. Brokoli juga rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi serat makanan, yang membuat kamu menurunkan berat badan lebih cepat.

  1. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna semuanya mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini sangat bagus untuk mengurangi kadar leptin berlebih dalam tubuh, karena kadar leptin yang tinggi terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Dan juga, asam lemak omega-3 membantu meningkatkan sensitivitas tubuh kamu terhadap leptin dan kamu dapat menjaga berat badan kamu tetap terkontrol.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan brokoli mengandung nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Dan mengonsumsi makanan ini tidak akan menambah lemak yang tidak diinginkan di tubuh kamu. Sayuran seperti ini  sangat baik untuk tubuh kamu karena kaya serat. Serat telah diketahui dapat mengurangi kolesterol jahat dan mengaktifkan hormon pembakar lemak.

Baca juga Mengusir Lemak Perut Tanpa Perlu Usaha Keras, Emang Bisa Ya?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah Virus Corona Mematikan? Berikut penjelasan Dokter tentang Angka Kematian COVID-19

Pertanyaan ini lebih rumit daripada membandingkan jumlah kematian