Wabah Virus Korona (COVID-19) berdampak sangat besar bagi kegiatan sehari-hari, mulai dari pekerjaan hingga sekolah anak. Pemerintah telah menghimbau warga untuk melakukan segala aktivitas di rumah, Work From Home (Bekerja Dari Rumah) dan juga Belajar Di Rumah. Semua pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online. Hal ini bisa jadi memicu anak untuk tidak bangun pagi. Karena belajar di rumah, anak-anak seakan seperti sedang berlibur dan merasa bebas untuk tidur larut malam hingga sulit bangun pagi.

Terkadang membangunkan anak bisa menjadi hal yang menyebalkan jika anak benar-benar sulit dibangunkan. Daripada harus berteriak-teriak dan menghabiskan tenaga, berikut ini adalah beberapa saran yang menarik tentang tips membangunkan anak dengan cara yang menyenangkan :

  • Biarkan sinar matahari masuk sebelum membangunkan anak
Image result for Biarkan sinar matahari masuk sebelum membangunkan anak

Cahaya alami berfungsi sebagai stimulator bagi otak kita untuk melepaskan serotonin yang pada gilirannya, membantu kita terbangun. Itulah mengapa sangat baik untuk membiarkan sinar matahari masuk ke kamar anak sekitar 15 menit sebelum kamu ingin membangunkan mereka dari tempat tidur. Bukalah tirai jendela supaya cahaya matahari dapat masuk ke kamar anak.

  • Mengubah kegiatan bangun pagi menjadi permainan
Image result for Mengubah kegiatan bangun pagi menjadi permainan

Kamu bisa membuat misi-misi dengan berbagai hadiah untuk memotivasi anak bangun pagi. Misanya, membuat misi bangun pukul 06.00 dengan penghargaan sebatang coklat atau pizza mie yang lezat. Dengan demikian, anak akan semangat untuk bangun pagi.

  • Batasi penggunaan gadget sebelum anak tidur

Semua perangkat digital seperti tablet, TV dan smartphone memancarkan cahaya biru yang mengingatkan ritme alami tubuh. Ada penelitian yang menunjukkan dengan jelas bahwa terpapar cahaya biru untuk waktu yang lama sebelum tidur dapat menyebabkan orang sulit tidur dan sulit bangun.

  • Putar musik untuk membangunkan anak
Image result for Putar musik untuk membangunkan anak

Musik mungkin merupakan cara yang lebih rileks untuk membangunkan anak daripada menggunakan alarm. Kamu dapat menempatkan radio di kamar anak kamu, atau meletakkan speaker bluetooth dan memainkan musik kesukaannya.  Ini pasti akan membuat suasana hati mereka lebih baik dan membantu mereka bangun tanpa harus marah-marah.

  • Bangunkan anak dengan aroma sarapan favorit mereka

Buatlah sarapan kesukaan anak dan biarkan aroma masakan kamu sampai ke kamar anak. Aroma lezat dari sarapan pagi yang menyebar di seluruh rumah akan membuat anak kamu cepat bangun dari tempat tidur. Bayangkan betapa baik suasana hati anak di siang hari jika mereka telah mendapatkan makanan favorit mereka setelah membuka mata di pagi hari.

  • Pastikan anak cukup tidur

Jam tidur yang baik akan sangat tergantung pada usia anak. Berikut adalah daftar jam tidur ideal bagi anak sesuai dengan usia mereka :

  • Balita membutuhkan sekitar 11 – 14 jam tidur
  • Anak Prasekolah membutuhkan sekitar 10 – 13 jam tidur
  • Anak Usia 6 – 13  tahun harus mendapatkan rata-rata 9 – 10 jam  tidur per malam

Seorang anak yang kurang tidur pasti akan kesulitan bangun. Jadi kamu harus memperhatikan berapa jam mereka tidur.

  • Jangan memicu drama di pagi hari

Membuat anak kamu bangun dari tempat tidur memang bisa sangat sulit. Namun, kamu tidak akan berhasil jika kamu memilih untuk membangunkan mereka dengan cara berteriak dan meneriaki. Teriakan dan makian hanya akan menyebabkan mereka kehilangan motivasi untuk bangun dan menjalani hari.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/memar-saat-bangun-tidur-7-masalah-kesehatan-berikut-ini-bisa-jadi-penyebabnya/

http://www.tampilcantik.com/kamu-pasti-sering-mengalami-sakit-kepala-setelah-bangun-tidur-dan-inilah-cara-menghindarinya/

http://www.tampilcantik.com/tips-make-setelah-bangun-tidur/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alternatif untuk Software Zoom Terbaik untuk Konferensi Video

Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video yang