Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi target untuk banyak orang. Itulah mengapa banyak sekali orang yang berusaha untuk melakukan diet dengan ketat demi mencapai target yang diharapkan. Dengan berat badan ideal, maka berbagai risiko penyakit pun akan bisa terminimalisir. Bukan hanya itu, penampilan pastinya juga bisa terdukung dong ladies.

Perlu kamu ketahui ladies jika berat badan ideal bukan menjadi jaminan penuh jika tubuh seseorang ada di kondisi yang sehat dan bebas penyakit. Meski obesitas bisa meningkatkan risiko dalam kemunculan penyakit misalnya stroke, jantung dan diabetes, tapi penyakit itu juga bisa terjadi di orang yang bobotnya normal lho. Penggunaan kalkulator BMI memang bisa digunakan, tapi tetap saja tidak bisa jadi tolak ukur yang mutlak dalam evaluasi kesehatan seseorang.

Tubuh kurus juga bisa punya banyak lemak

Jika kamu melihat seseorang dengan tubuh kurusnya, mungkin kamu akan langsung berpikir bahwa lemaknya sedikit. Namun sebetulnya seseorang yang nampaknya kurus juga bisa memiliki kadar lemak tubuh yang berlebihan. Banyak juga orang yang tampilannya agak berisi, tapi justru komposisi lemak tubuhnya justru normal sehingga bisa dianggap lebih sehat.

Perlu diketahui jika ada dua jenis lemak di tubuh yakni lemak subkutan yang lokasinya ada di bawah kulit. Ada juga lemak viseral yang letaknya ada di rongga perut serta dekat dengan prgan tubuh. Ketika lemak tubuh berlebihan, maka dampak untuk kesehatan juga bisa sangat buruk sehingga risiko penyakit makin tinggi seperti jantung, stroke, diabetes hingga kanker.

Seperti apa berat badan ideal sehat yang sesungguhnya?

Berat badan bisa dianggap ideal dan sehat adalah saat berat badan itu sesuai dengan perhitungan IMT normal serta massa lemak di tubuh tidak terlalu tinggi. Tentunya hitungan tersebut tidak bisa didapat hanya dengan menggunakan timbangan biasa saja. Untuk mengetahuinya, maka kamu harus melakukan pemeriksaan untuk tahu ketebalan jaringan lemak pada lengan atau perut serta menimbang di timbangan yang khusus. Kamu bisa melakukan pemeriksaan seperti ini di dokter gizi.

Bagaimana cara mencapai berat badan ideal?

Presentase lemak tubuh pun memiliki kriteria berbeda tiap orang dimana didasarkan pada usia, jenis kelamin, banyaknya aktivitas dan masih banyak lagi. Namun, cara untuk bisa capai berat badan yang ideal sebetulnya adalah dengan penerapan pola hidup yang sehat. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Olahraga dengan rutin dan teratur.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat.
  • Banyak asupan protein, serat dan karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari buah, sayur hingga kacang.
  • Batasi konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol misalnya jeroan dan makanan siap saji.
  • Kurangi makanan dan minuman yang terlalu manis dan terlalu asin.
  • Selalu usaha untuk kendalikan stres.

Jangan lupa juga jika setiap orang punya kondisi kesehatan yang berbeda juga. Tentunya diet yang dilakukan oleh orang sehat dan orang yang memiliki kondisi kesehatan khusus, misalnya diabetes, jantung atau lainnya juga akan berbeda. Ada baiknya untuk konsultasi juga pada dokter terkait cara diet terbaik untukmu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/berat-badan-bisa-pengaruhi-kesuburan-dan-sulit-hamil-benarkah-demikian/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-fakta-tentang-menimbang-berat-badan-yang-wajib-kamu-tahu/

http://www.tampilcantik.com/sudah-diet-tapi-berat-badan-tak-turun-juga-coba-cara-tradisional-yuk/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka