Hasil gambar untuk melakukan peregangan

Peregangan adalah bentuk latihan yang melibatkan gerakan terkendali berbagai otot di tubuh kamu. Biasanya dilakukan sebagai aktivitas pemanasan, sebelum latihan berat lainnya seperti aerobik dan latihan kekuatan. Peregangan juga dianggap sebagai aktivitas pendinginan setelah berolahraga untuk mengendurkan otot-otot kamu.

Mengapa peregangan perlu dilakukan?

Peregangan biasanya dianjurkan sebelum berolahraga, karena membantu melonggarkan dan menghangatkan otot-otot kamu, sehingga mengurangi risiko tegang saat berolahraga. jika kamu berencana untuk mengangkat beban, berjalan-jalan, atau bersepeda, menyisihkan beberapa menit untuk melakukan peregangan adalah efektif dalam meningkatkan fleksibilitas kamu untuk kegiatan yang kamu rencanakan, sehingga dapat mencegah cedera.

Manfaat Peregangan Adalah:

  • Fleksibilitas tubuh yang lebih baik
  • Gerakan sendi yang lebih baik
  • Meredakan ketegangan otot
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Mempersiapkan tubuh untuk berolahraga
  • Mendinginkan tubuh setelah berolahraga
  • Meningkatkan penyembuhan dalam kasus cedera otot
  • Menurunkan risiko cedera terkait olahraga
  1. Apakah Peregangan Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan?

Peregangan melibatkan berbagai gerakan, tetapi membakar kalori yang relatif lebih sedikit. Peregangan biasanya tidak membantu menurunkan berat badan, tetapi membantu dalam mempersiapkan tubuh kamu untuk latihan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Kalori yang Dibakar Selama Peregangan – Perbandingan

Bahkan ketika kamu  tidak aktif, tubuh kamu  membakar kalori. Namun, ketika kamu melakukan aktivitas fisik, kamu akan  meningkatkan tingkat di mana kamu membakar kalori. Misalnya, seseorang yang memiliki berat 72 kg, saat melakukan peregangan selama 30 menit, akan membakar hanya 144 kalori. Ini terlalu rendah, dibandingkan dengan pembakaran kalori oleh orang yang sama melakukan aktivitas fisik selama 30 menit. Di sisi lain, jika orang tersebut melakukan aerobik, ia akan membakar 254 kalori, atau jika menggunakan pelatih elips, ia akan membakar 413 kalori.

  1. Latihan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika peregangan tidak membantu menurunkan berat badan, lalu latihan apa yang terbaik untuk membantu menurunkan berat badan?

Solusinya adalah, jika kamu  ingin menurunkan berat badan melalui latihan, pilih latihan aerobik atau latihan kekuatan. Latihan-latihan seperti itu membantu dalam meningkatkan berat badan dengan meningkatkan kamu  secara khusus mencari manfaat penurunan berat badan, kamu harus memilih aktivitas aerobik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat atau berenang selama minimal 3 jam per minggu.

Pilihan lain adalah melakukan aktivitas aerobik berintensitas tinggi seperti joging atau berlari selama satu setengah jam per minggu. Untuk manfaat tambahan dari penurunan berat badan, gabungkan dengan latihan kekuatan seperti angkat berat setidaknya dua kali seminggu. Atau, latihan aerobik seperti bersepeda, berenang, dan berlari adalah jenis latihan terbaik yang membantu kamu membakar lemak, bersama dengan membatasi asupan kalori.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Timbangan Badan Masih Ngak Turun-turun Meskipun Udah Diet Ekstrem? Ayuk Ikutin Tips Berikut Untuk Mendapatkan Berat Badan Idealmu

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh agar kamu