Menurut sebuah survei, antara 35% – 45% orang di dunia menderita bau mulut pada waktu tertentu. Tentu kamu juga pernah mengalami atau berhadapan dengan masalah bau mulut, bukan? Entah itu teman, rekan kerja, keluarga atau bahkan diri kamu sendiri mungkin telah mengalaminya. Bau mulut bisa sangat mengganggu dan fatal jika terjadi pada saat-saat penting seperti ketika kita bertemu client penting atau saat sedang presentasi.

Tapi tenang, berikut terdapat 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memerangi bau mulut :

  • Gunakan obat kumur alami dan penyegar nafas

Daun mint mampu membantu melawan bau mulut dan menyegarkan mulut kamu. Rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga dan biji adas juga sangat baik untuk melawan bau mulut. Hal yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya, soda kue adalah obat kumur alami yang bisa kamu coba. Cukup larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam secangkir air dan gunakan itu untuk berkumur. Cara lainnya, kamu juga bisa mencelupkan sikat gigi basah kamu ke dalam soda kue dan menggunakannya untuk menggosok gigi.

  • Minumlah air putih setidaknya 2 liter air setiap hari

Menjaga tubuh kamu supaya tetap terhidrasi memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk  mencegah bau mulut. Air liur dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan juga sangat diperlukan untuk menjaga kelenjar ludah bekerja secara efisien. Air minum menjadi penting dalam upaya mencegah pertumbuhan bakteri dan bau mulut yang disebabkan oleh kelembaban dan air liur yang tidak memadai di dalam mulut.

Catatan : Hindari konsumsi jus yang mengandung gula di malam hari karena dapat memicu penumpukan bakteri di dalam mulut kamu.

  • Perhatikan apa yang kamu makan

Beberapa makanan dapa menyebabkan bau mulut, jadi sebaiknya kamu menghindari makanan-makanan berikut ini jika kamu ingin mulut kamu selalu segar. Contoh makanan tersebut adalah bawang merah dan bawang putih. Tetapi kamu tidak perlu sepenuhnya menghilangkan bawang dari menu makanan kamu, karena penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang dalam jumlah sedang justru dapat membunuh 4 jenis bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

  • Bersihkan lidah kamu

Lidah kamu bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang akan menyebabkan bau mulut. Jadi, sebaiknya setelah kamu menyikat gigi, gunakan sikat gigi kamu untuk mengikis bakteri yang ada pada lidah. Tentu kamu sudah tidak asing bukan dengan seikat gigi yang memiliki fungsi sebagai pembersih lidah? Nah, kamu bisa gunakan sikat gigi tersebut. Atau, jika merasa kurang nyaman, kamu juga bisa memakai alat khusus untuk membersihkan lidah.

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari

Sikatlah gigi kamu setidaknya selama 2 menit, sebanyak (minimal) dua kali dalam sehari. Tentu sikat gigi adalah hal yang mutlak dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mencegah bau tidak sedap di dalam mulut. Jadi, jangan sampai kamu absen sikat gigi, ya!

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Jika kamu menginginkan gigi dan mulut yang sehat dan segar, lakukanlah lima tips di atas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/malu-bau-mulut-saat-puasa-ini-dia-cara-mengatasinya/

http://www.tampilcantik.com/tips-dokter-gigi-6-cara-mencegah-bau-mulut/

http://www.tampilcantik.com/penyebab-bau-mulut-yang-tidak-kamu-sadari-selama-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga