Secantik apapun kamu, jika memiliki bau mulut, tentu penampilan juga akan terganggu. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Hal ini lantaran bau mulut akan jadikan lawan bicara menjadi terganggu dan tidak fokus. Jika kamu pernah mengalami hal ini, maka tentu tidak nyaman sekali untuk dirimu dan lawan bicaramu. Oleh karena itu jangan sampai nafasmu bau tidak sedap dan mengganggu penampilanmu.

Sebetulnya bau mulut sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Untuk sebab yang paling umum adalah dari segi kurangnya asupan air. Sebab lain yang mungkin terjadi adalah dari faktor makanan yang dikonsumsi. Biasanya tanpa disadari, makanan yang dikonsumsi juga ternyata bisa sebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Berikut ini beberapa makanan yang bisa jadi penyebab bau mulut:

1. Permen mint

Biasanya permen mint menjadi solusi ketika kamu merasa mulutmu mengeluarkan aroma tidak sedap. Namun ternyata permen mint ini justru bisa jadi penyebab bau mulut yang lebih parah lagi. Nafas akan bisa terasa segar sementara saja, namun jika kandungan mentolnya sudah mereda, maka bau mulutnya akan kian buruk. Untuk itu lebih baik hindari konsumsi permen mint sehingga bisa redakan bau mulut.

2. Asam

Makanan serta minuman dengan kandungan asam misalnya jus tomat, telur, kopi, kecap, selai hingga acar dan makanan lainnya mampu meningkatkan produksi pada bakteri di mulut. Hal ini pun kemudian memicu nafas menjadi bau. Tentu boleh saja konsumsi makanan dengan kandungan asam, namun ada baiknya imbangi dengan meminum air putih lebih banyak. Air putih di sini fungsinya adalah untuk menetralkan mulut setelah konsumsi makanan asam.

3. Makanan berprotein

Daging adalah makanan yang biasa disantap untuk konsumsi keseharian. Tapi sebetulnya, daging juga bisa jadi sebab bau mulutmu lho. Alasannya adalah karena kandungan protein tinggi yang ada di daging. Ketika memproses protein, tubuh akan produksi zat bernama amonia. Tentu Anda sudah pernah tahu dan mendengar jika bau gas amonia begitu kuatnya. Untuk itu pastikan konsumsi daging dengan ukuran yang wajar sehingga bau mulut bisa terhindarkan.

4. Makanan manis

Kue, puding hingga dessert bisa menjadi sebab bakteri yang berkembang lebih cepat di mulut. Bakteri yang masih tersisa di mulut akan menjadikan bau mulut menjadi tidak sedap. Selain itu, bakteri yang bersarang tersebut juga bisa menjadi sebab masalah di gigi lainnya. Untuk itu, jangan sampai makan makanan manis terlalu banyak. Sikat gigilah setelah makan makanan manis.

5. Makanan cepat saji

Makanan dengan proses penyajian dengan cara digoreng serta makanan dari gula halus adalah golongan makanan yang amat sulit untuk dicerna. Hal ini akan bisa sebabkan makanan pun membusuk di usus. Dengan demikian, bau tidak sedap dari usus itu akan bisa naik sehingga jadikan nafas menjadi tidak sedap.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol pun akan bisa jadikan mulut kering. Kondisi seperti ini adalah saat ketika jumlah air liur kemudian menjadi sangat sedikit. Padahal, air liur memiliki kandungan oksigen dimana fungsinya adalah untuk kurangi jumlah bakteri yang ada di mulut. Untuk itu pastikan hindari konsumsi alkohol

Baca Juga Tips Mengatasi Bau Mulut Dengan Minyak Kelapa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang