Menyeimbangkan hormon sangatlah penting dalam kesehatan kita. Terutama sebagai seorang wanita yang sangat dipengaruhi hormon dalam hal kesuburan dan kebugaran. Penelitan menyebutkan bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon seperti jerawat akut, gangguan kelenjar tiroid, PMS, stress, dan bahkan kangker. Gejala yang terjadi karena hormon yang tidak seimbang antara lain meliputi mudah lelah dan pusing, depresi dan kecemasan, kelebihan berat badan, masa subur yang berubah-ubah dan lain-lain. Untuk mencegahnya terjadi, ini cara-cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

1. Mengkonsumsi makanan organik

Bukan rahasia lagi bahwa sayuran, buah, dan hewan ternak yang kita konsumsi banyak diubah secara genetik untuk menghasilkan produk unggul. Mengkonsumsinya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dapat mengakibatkan hormon tidak seimbang karena obat kimiawi yang diberikan. Untuk menyeimbangkan hormon kembali, sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan-makanan organik. Memang rasanya lebih natural dan tidak seragam, namun efeknya jauh lebih sehat bagi tubuh dan juga kelenjar di dalamnya.

2. Mengkonsumsi buah beet dan apel hijau

Hati memproduksi empedu yang dibutuhkan untuk menyerap zat-zat racun dalam tubuh dan kelebihan lemak. Jika tubuh kekurangan empedu, maka tidak ada yang akan menyerap kelebihan hormon estrogen yang dihasilkan oleh tubuh. Inilah yang menyebabkan kamu sering berjerawat dan juga mengalami PMS yang parah. Konsumsi apel hijau dan buah beet secara teratur sangat baik untuk memperlancar produksi empedu. Usahakan untuk memakannya tanpa diolah dan ditambah bahan makanan lain.

3. Menyeimbangkan hormon dengan makan seimbang

Pola makan seimbang sangatlah penting demi menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Setidaknya setiap hari kamu harus mengkonsumsi 1 porsi serat, 1 porsi protein dan 1 porsi lemak sehat. Kamu bisa mendapatkannya dari buah, sayuran serta olahan daging-dagingan. Disarankan untuk tidak memberi bumbu dan penyedap berlebih agar nutrisinya dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna. Makan-makanan yang seimbang juga bisa membantu proses metabolisme dan program diet.

4. Memperbanyak makanan fermentasi

Dalam usus terdapat estroblom yang bertanggung jawab untuk mencerna kelebihan estrogen. Jika kesehatan usus terganggu karena penyakit atau pola makan yang tidak sehat, maka estroblom dan bakteri baik lainnya dapat terganggu. Inilah yang menyebabkan kamu sering merasa sebah dan kembung terutama saat hormon naik menjelang menstruasi. Konsumsi makanan yang difermentasi untuk menjaga kesehatan bakteri baik dalam ususmu seperti kimchi, tempe, yogurt dan acar (pickles)

5. Membatasi konsumsi kafein

Kafein memang baik bagi tubuh untuk menstimulasi otak dan metabolisme jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak kafein dalam tubuh bisa berakibat meningkatnya level insulin, cortisol dan estrogen. Jika kamu pecinta kopi, batasi hanya dengan meminum 1 cangkir kopi murni setiap hari dan bukan kopi instan. Kopi instant mengandung campuran bahan perasa buatan dan gula yang tinggi sehingga lebih berakibat buruk bagi tubuh daripada memberikan dosis kafein yang dibutuhkan. Jika di tengah-tengah kamu membutuhkan sedikit boost untuk menyegarkan pikiran, minum teh hijau yang memiliki kadar kafein lebih rendah dan kaya antioksidan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam