Meminjam barang seseorang, terutama jika dilakukan terhadap keluarga dekat atau keluarga adalah hal yang sangat biasa. Tidak jarang kita sering sekali berbagi perlengkapan perawtan tubuh atau benda-benda lainnya. Bahkan, ketika kita sudah merasa sangat dekat dengan seseorang, kita menganggap sah-sah saja berbagi barang yang benar-benar pribadi, seperti makeup atau baju. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak disarankan dari segi kesehatan lho. Banyak penularan penyakit yang terjadi karena kebiasaan buruk ini sering dilakukan. Beberapa barang pribadi sebaiknya jangan sampai dipinjamkan kepada siapapun, bahkan keluarga dekat sekalipun. Apa saja?

1. Alat rias / makeup

Alat makeup, seperti lipstick, pensil mata, lip balm dan kuas-kuasnya berhubungan langsung dengan bagaian wajah yang sensitif. Semua bagaian tersebut sangat rentan terinfeksi oleh kuman dan bakteri, tertama jika kamu jarang membersihkannya. Berbagi dengan orang lain memungkinkan kamu juga berbagi kuman tersebut dengan semua orang. Terutama jika alat tersebut digunakan untuk touch up ketika wajah tidak dalam keadaan bersih. Berbagi alat makeup pribadi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kulit, infeksi mata, jerawat dan masalah kulit lainnya.

2. Earphone

Walaupun terlihat sepele, earphone adalah barang pribadi yang rentan terkontaminasi dengan kuman. Telinga manusia mengeluarkan kotoran untuk menjaga pH alami dan mencegah masuknya hewan. Tetapi tidak semua orang peduli akan kebersihan telingan dan kemungkinan mereka memiliki infeksi dan kuman sangatlah besar. Jika memang harus meminjamkan earphone, bersihkanlah terlebih dahulu sebelum meminjamkan. Sebaliknya, jangan lupa membersihkan dengan cermat setelah dikembalikan.

3. Sisir rambut

Sisir rambut juga barang pribadi yang tidak boleh dipakai bersama-sama orang lain. Ketombe, kutu dan infeksi kulit lainnya dapat tertular melalui sisir. Selain itu jika kulit kepala seseorang mengalami iritasi, infeksi yang terjadi juga bisa menempel pada sisir. Selalu membawa sisir sendiri dan jaga kebersihannya. Jika kamu pergi ke salon kecantikan, periksalah sisir yang digunakan apakah sering dibersihkan atau tidak. Jika memang masih kotor, kamu bisa meminta staff untuk merapikannya.

4. Barang pribadi tajam

Benda tajam sangat berpotensi menularkan penyakit dalam. Banyak penyakit yang bisa tertular melalui luka. Sedangkan benda tajam seperti gunting kuku, pencukur alis atau pisau cukur, berpotensi melukai kulit saat digunakan. Kamu dapat menularkan penyakit kulit, infeksi jamur, bahkan cacing pada kulit yang terluka karena peralatan pribadi tajam tersebut.

5. Perlengkapan tubuh

Semua perlengkapan tubuh pribadi seperti handuk, sabun batangan, deodoran sangat tidak disarankan untuk dipinjamkan. Selain tidak higienis, kebiasaan ini juga sangat rentan membantu penularan penyakit kulit. Sebaiknya membatasi meminjamkan barang pribadi tersebut kepada siapapun. Lalu jangan lupa untuk rajin mengganti atau mencuci handuk dan pakaian agar kebersihan tubuh tetap terjaga.

Baca juga Ini 3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Jika Ingin Sharing Make Up Dengan Teman

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Lalat Hinggap di Makanan Kamu?

Lalat hampir selalu ada di mana-mana, mulai dari