Kebiasaan yang kita lakukan setiap hari, tanpa sadar bisa sangat mempengaruhi bagaimana kondisi tempat tinggal kita, entah itu di rumah, apartemen, kos, atau mana pun. Tempat tinggal yang tidak tertata dengan baik, tentu akan membuat kita tidak betah untuk beristirahat. Kamu pasti ingin tinggal di rumah yang rapi dan bersih, bukan?

Nah, berikut adalah daftar kebiasaan buruk yang bisa membuat rumah kamu tampak berantakan dan bagaimana tips untuk mengubahnya :

  1. Menyimpan outerwear di pintu masuk

Hal pertama yang menarik perhatian di pintu masuk adalah koleksi outerwear yang digantung di pengait. Alasan mengapa kamu meletakkan outerwear di dekat pintu memang cukup dapat dimengerti. Mungkin kamu ingin cepat-cepat mengenakan jas atau jaket. Tapi, hal ini bisa membuat rumah kamu terlihat berantakan.

Untuk itu, buatlah aturan untuk memasukkan outerwear ke dalam lemari tepat setelah masuk dari luar. Tinggalkan pakaian yang sesuai untuk musim saat ini saja, lalu kemas sisanya ke dalam tas dan letakkan di rak atas. 

  1. Menjaga sofa convertible terbuka setelah tidur 

Beberapa orang, termasuk pemilik apartemen kecil sering menggunakan sofa sebagai pengganti tempat tidur.  Benda besar ini membutuhkan banyak ruang kosong saat dibuka dan membuat ruangan terlihat berantakan. Jangan terlalu malas untuk melipatnya kembali menjadi sofa setelah kamu tidur di atasnya jika kamu tidak ingin rumah kamu terlihat berantakan.

  1. Menempatkan semua peralatan kecil di atas meja
As Simple As Water: Merapikan Meja Kantor Untuk Peningkatan Motivasi Kerja

Banyaknya peralatan rumah tangga yang berbaris di atas meja menciptakan efek seperti gangguan visual. Benda-benda kecil akan terlihat semrawut dan menimbulkan kesan rumah yang berantakan. Jangan mengacaukan ruang dapur atau ruang tamu kamu yang berharga hanya karena pernak-pernik yang tidak penting. 

  1. Tidak merapikan peralatan olahraga setelah berolahraga di rumah

Mereka yang suka melakukan aktivitas fisik di rumah sering kali tidak bisa merapikan peralatan olahraga yang mereka gunakan setelah berolahraga. Akibatnya, alat-alat seperti angkat beban bisa tergelincir dari satu sudut ke sudut lainnya, bola dan matras yoga berantakan, handuk masih tersebar di mana-mana, dll. Pastikan peralatan olahraga kamu disimpan dengan rapi, sehingga tidak menjadi sampah visual untuk rumah kamu.

  1. Meletakkan banyak suvenir di rak terbuka

Banyaknya barang-barang kecil seperti suvenir, lilin, patung, dan barang lainnya tidak akan membuat rak kamu terlihat lebih indah, tetapi justru akan menimbulkan gangguan visual karena terlihat berantakan. Ada beberapa aturan sederhana yang dapat membantu kamu mencegah rak favorit kamu terlihat berlebihan dan membuatnya terlihat gaya dan bagus :

  • Kamu bisa menggunakan keranjang anyaman dan kotak dekoratif untuk meletakkan  kabel, DVD, dan benda kecil lainnya dari pemandangan ruangan. 
  • Kamu juga bisa menerapkan metode yang populer yang menyatakan: “Benda berat harus disimpan di bagian bawah, barang ringan dan gadget harus disimpan di bagian atas”. Metode ini akan membantu kamu mengatur barang, tidak hanya dari segi fungsionalitasnya tetapi juga dari segi estetika.

Baca Juga:

5 Detail Interior Rumah Ini Dapat Mengungkap Kepribadian Kamu

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

5 Rahasia Sederhana untuk Rumah Bersih dan Cantik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Taruh 6 Benda Ini Sembarangan Jika Tidak Ingin Tamu yang Datang Jadi Canggung

Ketika kita sudah akrab dengan seseorang, kita akan